Menparekraf Harapkan Kolaborasi dengan Huawei dapat Perkuat Ekonomi Digital Kerja sama dengan Huwaei diharapkan perkuat ekonomi digital Indonesia. (Foto: pexels-antoni-shkraba)

SEIRING perkembangan zaman, teknologi digital semakin maju dan masyarakat sudah mulai beradaptasi. Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap kolaborasi antara pemerintah dan Huawei dapat memperkuat ekosistem digital di kawasan Asia Pasifik.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam acara Huawei APAC Digital Innovation Congress 2022 yang bertema Innovation for a Digital Asia Pacific, Kamis (19/5). Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menekankan potensi nasional yang besar di bidang perekonomian digital. Menurutnya, Indonesia memiliki 205 juta pengguna internet dan 190 juta pengguna aktif media sosial, prosi yang signifikan dari total 278 juta penduduk.

"Saat ini, ekonomi digital memberikan sumbangsih sebesar USD 70 miliar atau sekitar Rp 1.024 triliun bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Angka ini diprediksi mencapai USD 146 miliar atau sekitar Rp 2.137 triliun pada 2025," kata Sandiaga, dikutip ANTARA.

Baca juga:

Ini Perbedaan Antara HUAWEI MateBook 14s dan 14

Menparekraf Berharap Kolaborasi dengan Huawei dapat Perkuat Ekonomi Digital
Sandiaga menekankan potensi nasional yang besar di bidang perekonomian digital. (Foto: Unsplash/John Schnobrich)

Pemerintah Indonesia, lanjut Sandiaga, telah mengalokasikan Rp 500 triliun untuk berbagai program cipta kerja demi menyediakan dua juta lapangan pekerjaan baru. Dengan begitu, kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat menyentuh angka 2 persen.

"Seluruh pemangku kepentingan harus bahu-membahu bekerja sama, bersinergi, dan saling mendukung untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia maupun di kawasan Asia Pasifik," tegasnya.

Bulan lalu, Kemenparekraf menandatangani nota kesepahaman dengan Huawei dalam rangka mengakselerasi pemulihan ekonomi, meningkatkan kompetensi talenta digital, dan mendorong pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi digital untuk menjadi fondasi yang kokoh bagi perekonomian negara.

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan digitalisasi telah mempercepat laju transformasi seluruh sektor di Tanah Air. Pihaknya juga berkomitmen mendukung ekosistem melalui pengembangan digital.

Baca juga:

Menparekraf Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja

"Kami akan konsisten memberikan sumbangsih dan menciptakan nilai tambah untuk membangun Indonesia yang terkoneksi sepenuhnya, berorientasi 5G, lebih cerdas, digital, berkelanjutan, dan inspiratif,” kata Jacky.

Sebagai bentuk komitmen, Huawei telah memupuk lebih dari 58 ribu talenta digital dengan target menyiapkan 100 ribu talenta digital pada 2025. Setiap tahunnya, Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital agar dapat memenuhi kebutuhan industri, termasuk talenta-talenta yang memegang sertifikasi kompetensi.

"Huawei juga akan meningkatkan kapabilitas startup digital pariwisata dan ekonomi kreatif melalui pendampingan, inkubasi, scale-up, link-and-match dengan pemodal ventura, melalui program Huawei Spark, untuk meningkatkan dukungannya terhadap kematangan dan keberlanjutan ekosistem," tutupnya. (and)

Baca juga:

Huawei Siap Luncurkan MateBook D14 dan D15

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Travis Barker, Kourtney Kardashian dan Kris Jenner Rilis Cover Lagu Natal
ShowBiz
Travis Barker, Kourtney Kardashian dan Kris Jenner Rilis Cover Lagu Natal

Ia merilis cover lagu Natal klasik bersama dengan anaknya Kourtney Kadarshian, dan juga Travis Barker, tunangan dari Kourtney Kardashian.

Ketika Balenciaga dan Fortnite Berkolaborasi
Fashion
Selain 'The Medium', 5 Film Horor Thailand ini Dijamin Bikin Merinding
ShowBiz
Selain 'The Medium', 5 Film Horor Thailand ini Dijamin Bikin Merinding

Jauh sebelum The Medium, film horor Thailand memang sudah terkenal dengan kengerian yang sukses bikin penonton merinding.

Penggarapan Game STALKER 2 Pindah ke Republik Ceko, Hindari Konflik Ukraina
Fun
Efek CGI Avatar 2 Dikritik
Fun
Efek CGI Avatar 2 Dikritik

Ada masalah pada efek CGI film Avatar 2.

Volkswagen Akhirnya Siap Luncurkan ID Buzz
Fun
Volkswagen Akhirnya Siap Luncurkan ID Buzz

ID Buzz adalah versi listrik dari microbus Volkswagen.

Ketika Influencer Produk Kecantikan Dapat Pelecehan Seksual di Media Sosial
Fun
Ketika Influencer Produk Kecantikan Dapat Pelecehan Seksual di Media Sosial

Netizen mengomentari konten influencer dengan kalimat berbau seksual.

Pendapat Robert Pattinson tentang Cinta Segitiga Final Fantasy 7
ShowBiz
Pendapat Robert Pattinson tentang Cinta Segitiga Final Fantasy 7

Pattinson dalam bermain gim ia menjelaskan cerita kecenya akan cinta segitiga Final Fantasy 7.

66 Atlet Esports Siap Wakili Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi
Fun
66 Atlet Esports Siap Wakili Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi

66 atlet akan bertanding sesuai nomor game di SEA Games 2021.

Tetap Olahraga Meski Sedang Menstruasi
Fun
Tetap Olahraga Meski Sedang Menstruasi

Berbagai olahraga yang direkomendasikan saat mensturasi.