Menpan-RB Minta Pemprov DKI Perbaiki Perekrutan PNS

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 27 Desember 2017
Menpan-RB Minta Pemprov DKI Perbaiki Perekrutan PNS
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meminta kepada Guberner DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan untuk mengevaluasi penerimaan pegawai negri sipil (PNS) di Pemprov DKI.

Pasalnya menurut Asman, sistem perekrutan PNS sebelumya terjadi kesalahan dengan menerima PNS tanpa adanya tes resmi dari pemerintah.

"Pertama, reformasi birokrasi itu harus kita mulai dari sistem rekrutmen. Rekrutmen PNS tidak boleh lagi kita lakukan seperti dahulu-dahulu. Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes, nah untuk itu saya ingin menyampaikan pada kesempatan ini bahwa sistem rekrutmen harus kita perbaiki," kata Asman di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Ia juga mengaku, pihaknya sudah melakukan perbaikan penerimaan PNS pada tahun 2017, dengan menerima 37.000 PNS di 60 kementerian dan lembaga di Indonesia.

"Dan ini sudah kita mulai tahun 2017 kemarin, kita membuka formasi lebih kurang 37 ribu untuk 60 lebih kementerian dan lembaga," jelasnya.

Asman mengatakan dari 37.000 pegawai PNS yang lulus, pihaknya telah menerima 10 persenya dari lulusan cum laude.

"37.000 ribu itu saya syaratkan 10 persennya adalah anak-anak yang berasal dari lulusan cum laude, jadi lebih kurang 3.700 orang anak anak yang berasal dari lulusan cum laude," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menyakini dengan melakukan perekrutan dengan benar pemerintah mendapatkan pegawai-pegawai terpilih dengan memilik kemampuan.

"Saya yakin kita akan mendapat pegawai pegawai pilihan, itu rekrutmen," tutupnya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pungli CPNS, Dua Pegawai Dinkes Diadili

#PNS #Anies Baswedan #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan