Menpan RB akan Tindak Tegas Pungli Seleksi Hakim

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 06 November 2017
Menpan RB akan Tindak Tegas Pungli Seleksi Hakim
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur. (Instagram @kemenpanrb)

MerahPutih.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur akan menindak tegas dugaan pungutan liar (pungli) yang terjadi dalam penerimaan seleksi calon hakim baru di Mahkamah Agung tahun 2017.

"Sampai saat ini dugaan pelanggaran berupa praktik percaloan baru sebatas dugaan yang perlu dilakukan pembuktian. Namun yang jelas, kalau ada yang melanggar, pasti ditindak," kata Asman seperti dikutip dari Antara di Bandung, Senin (6/11).

Menurut Asman, soal dugaan pungli seleksi calon hakim baru di MA hingga saat ini masih sebatas indikasi.

"Ya, itu tadi jika indikasi, mungkin saja. Tapi pembuktiannya harus kita lakukan investigasi. Sehingga kita tidak bisa mengatakan ini ada, atau enggak, tapi kalau memang ada indikasi kita akan turunkan investigasi ke sana," ujar dia.

Ia mengatakan dugaan pungli proses penerimaan calon hakim itu baru sebatas indikasi. "Jadi, itu baru indikasi, mengatasnamakan seolah ia bisa bantu, padahal sekarang nilainya sudah transparan. Namanya juga calo," ucap Asman.

Saat ini, kata Asman, proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017 sudah sangat transparan sehingga kecil kemungkinan terjadi praktik percaloan atau kecurangan lain dalam proses penerimaan CPNS tersebut.

"Kalau kita lihat dengan tes transparan sekarang, saya rasa tidak mungkin lagi ada percaloan. Kadang-kadang hanya mengatasnamakan seolah-olah bisa membantu," katanya.

Akan tetapi, pihaknya juga tidak menampik adanya dugaan praktik kecurangan tersebut. Namun, perlu ada pembuktian sehingga semuanya jelas. "Ya, pasti indikasi adanya pelanggaran itu mungkin ada. Tapi pembuktiannya perlu ada investigasi," tandasnya. (*)

#Menpan RB #Pungutan Liar
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan