Film
Menonton FIlm 'Minions: The Rise of Gru' dengan Jas Lengkap Sekelompok anak muda mengenakan setelan pakaian formal menonton 'Minions: The Rise of Gru'. (Foto: [email protected])

SETELAH tertunda selama dua tahun karena pandemi COVID-19, Minions: The Rise of Gru akhirnya muncul di layar lebar dan disambut dengan antusiasme yang luar biasa.

Film produksi Illumination memecahkan rekor box office domestik di AS untuk pembukaan terbesar yang pernah ada selama akhir pekan Hari Kemerdekaan. Pemirsa ternyata berlaku untuk film tersebut, tetapi beberapa individu memutuskan untuk mengambil langkah kegembiraan mereka lebih dari sekadar datang ke bioskop.

Baca Juga:

Serial Animasi Karya Anak Bangsa 'Ibra' Rilis Episode Pertama

film
Aksi mengenakan busana formal jas ini sepenuhnya terputus dari konten film. (Foto: [email protected])

Tren baru di TikTok dan Twitter terbentuk selama seminggu terakhir, dengan sekelompok penonton bioskop muda mengenakan setelan pakaian formal untuk menonton film ini.

Menggunakan #Gentleminions, tagar tersebut telah memperoleh lima juta tampilan di TikTok, mendapatkan tingkat keunggulan yang sedemikian rupa sehingga Universal Pictures, distributor di balik spin-off Despicable Me, mengeluarkan pernyataan resmi tentang tren tersebut.

"Untuk semua orang yang menonton 'Minion' dengan setelan jas: kami melihatmu dan kami mencintaimu," tulis Universal di akun Twitter-nya.

Bill Hirst, seorang remaja di Sydney, Australia, membuat salah satu postingan pertama di TikTok untuk ikut serta dalam tren tersebut. Video Hirst, yang menampilkan sekelompok anak muda berjas yang bergerak menaiki eskalator, telah ditonton lebih dari 8,5 juta kali selama seminggu terakhir.

Film ini dirilis di bioskop-bioskop di Australia pada tanggal 23 Juni, memberikan kesempatan Hirst dan kawan-kawan memulai tren sebelum film tersebut tersedia di wilayah lain.

“Teman saya melihat salah satu video pertama yang cukup kecil saat itu. Kami ingin melakukannya hanya untuk bersenang-senang,” kata Hirst kepada Variety (5/7).

“Kami hanya memakai jas dan langsung pergi ke bioskop… Itu sangat spontan. Kami baru punya baju formal benar-benar beberapa hari sebelum itu. Kami semua sudah menyiapkan pakaian kami,” ujarnya.

Namun, Hirst menyadari bahwa tindakan tampil dengan busana resmi bersama teman-temannya yang sederhana adalah bagian dari gerakan yang jauh lebih besar saat mengunjungi teater, di mana kelompok itu bertemu dengan sekelompok anak muda yang mengenakan pakaian formal.

“Ada 15 orang dari kami, tetapi, ketika kami sampai di sana, ada kelompok lain yang terdiri dari sekitar delapan orang. Ini sebelum benar-benar menjadi tren, jadi kami sangat terkejut ketika kami melihat semua orang lain di sana juga. Semua orang yang hanya ada di sana untuk menonton biasa panik... Kamu tidak terbiasa melihat orang berjas di bioskop,” kata Hirst.

Obie, seorang remaja dari Maryland, AS mengalami hal serupa ketika dia pergi bersama teman-temannya untuk pemutaran film ini. “Saya melihat beberapa video orang [yang] melakukan hal yang sama. Jadi saya dan teman-teman kami pergi ke teater saja,” kata Obie yang menggunakan nama pengguna @nigeriannightmare0 di TikTok.

Baca Juga:

Sukses secara Komersial, ’Money Heist: Korea—Joint Economic Area’ Dicemeeh Penonton Korea

film
Tagar #Gentleminions telah memperoleh lima juta tampilan di TikTok. ([email protected])

“Semua orang benar-benar rapi, kami hanya menjaga sopan santun dan menonton film. Baru setelah kami keluar dari teater, kami melihat grup lain… Itu mengingatkan saya pada meme Peter Parker, dengan Spider-Men yang berbeda saling menunjuk,” dia menjelaskan.

Kedua pihak yang tidak dikenal memutuskan untuk mendokumentasikan momen itu, merekam TikTok bersama dan mengambil foto grup, yang sejak itu memperoleh lebih dari 185 ribu like di Twitter.

Karena pembatasan COVID-19 telah mereda selama setahun terakhir, industri film berada di tengah-tengah periode pertumbuhan kembali yang terutama didorong oleh kehadiran remaja pria, demografi lain terbukti lebih lambat untuk kembali ke bioskop. Penonton film seperti Obie, yang telah membeli tiket untuk film terbaru seperti The Batman, Spider-Man: No Way Home, dan Dune, telah menjadi pusat dari pertumbuhan ini.

Mengamati video yang berpartisipasi dalam #Gentleminions, tren tampaknya terutama menarik demografi pria muda yang sama. Dan, seperti kebanyakan tren yang melibatkan pria muda, beberapa insiden yang sangat gaduh telah terjadi, menyebabkan beberapa teater melarang individu yang mengenakan jas membeli tiket untuk film ini.

“Saya mendengar dari beberapa karyawan di TikTok bahwa beberapa hari terakhir benar-benar sibuk. Mereka melihat satu sesi dengan enam kelompok berbeda muncul dengan setelan jas dan jadi sangat penuh,” kata Hirst.

Odie mengatakan hal yang sama, "Saya benar-benar merasa tidak enak pada bioskop yang didatangi orang-orang yang menyebabkan keributan dan mengganggu pengalaman menonton orang lain."

Padahal, sebenarnya aksi mengenakan busana formal jas ini sepenuhnya terputus dari konten film (Minion memakai overall dan kacamata biru, bukan jas dan dasi), tindakan menonton film performatif ini tidak boleh dianggap sebagai ironi atau alasan untuk berperilaku buruk. Banyak dari Gentleminion ini benar-benar bersemangat untuk melihat film ini.

Pertimbangkan bahwa seseorang yang berusia tujuh tahun ketika Despicable Me pertama kali diputar di bioskop pada tahun 2010 sekarang berusia sekitar 19 tahun. Setelah Despicable Me 3 pada tahun 2017, serial ini terhenti, mengambil jeda dari bioskop. Dengan penantian lima tahun yang ekstensif di antara film tersebut, beberapa penonton bioskop yang tumbuh besar di serial ini ingin sekali kembali menyaksikannya.

"Itulah yang menambah tren itu. Saya merasa beberapa orang benar-benar berpikir bahwa remaja laki-laki keluar dari jalan mereka untuk menonton film hanya untuk mengenakan jas. Mungkin sebagian orang sedang melakukan itu,” Obie menjelaskan.

"Namun, saya yakin sebagian besar orang di generasi saya — karena kami tumbuh dengan film Despicable Me, sekarang memiliki nostalgia dan cukup uang untuk menontonnya sendiri. Kami akan cenderung melakukannya dengan cara kami sendiri. Sangat lucu melihat bagaimana hal itu berubah menjadi tren besar," dia menambahkan.

“Jelas, saya sudah menonton semua film sejak kecil. Kami tidak akan pergi jika kami tidak berpikir filmnya akan bagus. Saya biasanya tidak menonton film anak-anak... tapi kamu akan mencari apa yang kamu suka, kan?" tutup Hirst. (aru)

Baca Juga:

Julia Roberts Kembali ke Bali di Film 'Ticket to Paradise'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'The Power of Dog' dan 'Dune' Dominasi Kemenangan di BAFTA Awards
ShowBiz
'The Power of Dog' dan 'Dune' Dominasi Kemenangan di BAFTA Awards

'The Power of Dog' dan 'Dune' mencuri perhatian penggemar film.

Free Fire Jadi Esports Mobile Game of The Year
Fun
Free Fire Jadi Esports Mobile Game of The Year

Free Fire dua kali menyabet penghargaan Esports Mobile Game of the Year.

Ada Tampilan Baru Daredevil di Serial She-Hulk
ShowBiz
Ada Tampilan Baru Daredevil di Serial She-Hulk

Jika muncul dalam naskah, Daredevil sudah dipastikan akan diperankan Cox.

Malcolm Dom Penemu Istilah 'Thrash Metal' Tutup Usia
ShowBiz
Malcolm Dom Penemu Istilah 'Thrash Metal' Tutup Usia

Istilah 'thrash metal' muncul dalam tulisannya yang membahasa band Anthrax.

Sukses di HBO, 'And Just Like That' Diperpanjang
ShowBiz
Sukses di HBO, 'And Just Like That' Diperpanjang

Agaknya sukses terus membuntuti.

Karakter Virgo Sebagai Kekasih, Mantan, Sahabat, Orangtua dan Anak
Fun
Surga Belanja Busana Muslim 'Ramadan Runaway' Resmi Digelar
Fashion
Surga Belanja Busana Muslim 'Ramadan Runaway' Resmi Digelar

Ramadan Runaway tahun ini mengusung tema spesial 10th Anniversary.

Lagi, Adele Bantu Kekasih Melamar Pasangannya
ShowBiz
Lagi, Adele Bantu Kekasih Melamar Pasangannya

Sebelum lamaran berlangsung, Adele memberi tahu penonton tentang apa yang akan terjadi.

LinkAja Terintegrasi dengan PeduliLindungi Melalui QR Code
Fun
LinkAja Terintegrasi dengan PeduliLindungi Melalui QR Code

PeduliLindungi dan Link Aja sebagai perluasan cakupan penggunanya.

Rupawan, Selebritas ini Tetap Insecure
ShowBiz
Rupawan, Selebritas ini Tetap Insecure

Meski terlihat sempurna mereka juga bisa insecure loh.