Menlu Sebut ASEAN Penting Bagi Indonesia Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) merupakan sebuah organisasi yang penting bagi Indonesia.

"Indonesia sebagai salah satu pemrakarsa berdirinya ASEAN memandang ASEAN bukan hanya sebagai organisasi regional saja, namun juga sebagai tempat untuk memberikan kontribusi kepada dunia," kata Menlu Retno di Jakarta, Selasa (24/10).

Menurut Menlu, dalam sejarah 50 tahun berdirinya ASEAN, organisasi itu telah mampu memberikan hasil positif dalam keadaan di Asia Tenggara.

"Lihat saja, selama ini tidak ada satu pun perang atau konflik terbuka yang terjadi di antara sepuluh negara anggota ASEAN," katanya.

Hal tersebut, kata Retno, membuktikan salah satu fungsi ASEAN sebagai organisasi pencegah konflik.

Selain itu, Menlu Retno menambahkan, ASEAN juga menjadi sebuah pondasi untuk berdialog dengan negara-negara besar di luar Asia Tenggara yang mengadakan hubungan dengan salah satu negara anggota atau di kawasan itu sendiri.

"Indonesia turut mendorong semangat untuk berdialog, menyampaikan pendapat dalam hubungan antar negara anggota dan di luar ASEAN dan mencegah konflik serta kejahatan lintas negara," katanya.

Retno juga menyebutkan bahwa sentralitas ASEAN, atau sebagai inti dari kehidupan regional, penting untuk dipertahankan karena jika tidak, dia mengkhawatirkan itu akan membuat negara-negara Asia Tenggara akan mudah dikendalikan oleh kekuatan besar dari luar.

Karena itu, ucap Retno, Indonesia sebagai salah satu pencetusnya berusaha untuk selalu menunjukkan bahwa ASEAN merupakan organisasi yang memberikan manfaat.

"Marilah kita mengamalkan nilai-nilai ASEAN ini dalam kehidupan, seperti nilai-nilai toleransi, karena organisasi ini penting bagi Asia Tenggara," tandasnya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH