Headline

Menlu Retno Marsudi Bertemu PM China Bahas Kerja Sama Ekonomi

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 08 Februari 2018
Menlu Retno Marsudi Bertemu PM China Bahas Kerja Sama Ekonomi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. ( ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.Com - Kemitraan Indonesia dan China terus diperkuat melalui sejumlah kerja sama strategis bilateral. Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia, hubungan dengan China akan sangat mempengaruhi perekonomian domestik Indonesia.

Demi meningkatkan kerjasama bilateral, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Jumat (9/2) akan bertemu dengan Perdana Menteri China Le Kegiang di Beijing. Rencana pertemuan tersebut disampaikan Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir.

Arrmanatha Nasir di Beijing, Kamis (8/2) mengatakan bahwa kunjungan kehormatan tersebut dilakukan setelah pertemuan bilateral antara Menlu Retno dan Menlu China Wang Yi.

"Setelah itu baru ada 'joint commission' antarkedua delegasi," ujarnya seusai mengikuti pertemuan antarpejabat senior (SOM) kedua negara di kantor Kemlu China di Beijing.

Menurut Nasir sebagaimana dilansir Antara, Retno Marsudi sudah sering bertemu dengan Wang Yi. Bahkan Wang Yi juga sudah beberapa kali ke Indonesia.

Namun, kunjungan bilateral Menlu Retno Marsudi secara resmi baru kali ini yang dirangkai dengan Pertemuan Ke-3 Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral (JCBC) Indonesia-China.

Beberapa isu akan dibicarakan dalam pertemuan bilateral tersebut, terutama di bidang ekonomi. Demikian pula kerja sama di bidang investasi dan pariwisata.

Isu-isu internasional terkait masalah kawasan akan menjadi agenda pembicaraan dalam pertemuan bilateral tersebut, temasuk krisis di Semenanjung Korea, situasi di Myanmar, dan tindak lanjut dari kesepakatan kerangka kerja tata laku pihak yang berkepentingan (CoC) di Laut China Selatan.

"Kita akan mendorong adanya momentum positif yang perlu diteruskan dalam 'frame work' CoC ini karena yang perlu ditekankan adalah Indonesia dan Tiongkok merupakan dua negara besar di kawasan dan tentunya apa yang kita lakukan berdampak pada kawasan," ujarnya.

Sebelum melakukan serangkaian pertemuan bilateral, Menlu Retno akan mengunjungi kampus Tsinghua University di Beijing untuk menindaklanjuti program "technopark" yang pernah disepakati antara pihak perguruan tinggi terbaik di China itu dengan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Beijing pada Mei 2017.

Sementara itu, SOM yang digelar di Kemlu China, Kamis, telah berhasil menyelesaikan laporan kepada para Menlu kedua negara dalam kaitannya dengan hubungan kerja sama bilateral.

"Dibahas juga (dalam SOM) rencana kunjungan delegasi Tiongkok ke Indonesia untuk menindaklanjuti beberapa isu yang telah disepakati bersama," kata Arrmanatha.

Selain para pejabat Kemenlu dan KBRI Beijing, dalam kunjungan tersebut Menlu juga didampingi para pejabat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.(*)

#Tiongkok #Retno Marsudi #Kemenlu
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan