Menlu Retno Akan Hadiri UPR PBB di Jenewa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 25 April 2017
Menlu Retno Akan Hadiri UPR PBB di Jenewa
Menlu Retno Marsudi. (setkab.go.id)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan memimpin delegasi Indonesia untuk menghadiri pertemuan Universal Periodic Review (UPR) Dewan HAM PBB siklus ke-3 pada 3 Mei 2017 di Jenewa, Swiss. Pertemuan itu akan mengulas perkembangan hak asasi manusia di Indonesia.

Menlu Retno akan berangkat ke Jenewa untuk pertemuan UPR itu setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-30 di Manila. Demikian kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Selasa (25/4).

Menlu Retno akan berada di Jenewa pada 1-3 Mei sebelum berangkat menuju Amerika Serikat untuk pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson.

"Indonesia akan menyampaikan laporan HAM nasional di bawah mekanisme UPR Dewan HAM PBB siklus ke-3," kata Direktur HAM dan Kemanusiaan Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu Dicky Komar, Jumat (21/4) lalu.

Universal Periodic Review adalah proses pelaporan ulasan perkembangan HAM dari seluruh negara anggota PBB.

Indonesia dan 13 negara lainnya dijadwalkan akan menyampaikan laporan perkembangan HAM masing-masing.

Pemerintah Indonesia tidak hanya akan melaporkan ulasan perkembangan HAM dari sisi pemerintah, tetapi juga dari kalangan masyarakat sipil, seperti Komisi Nasional (Komnas) HAM.

Sumber: ANTARA

#Menlu Retno LP Marsudi #Kemenlu #PBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan