Menlu Bantah Pertemuan Jokowi dan Obama Pakai Makelar Singapura

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 07 November 2015
Menlu Bantah Pertemuan Jokowi dan Obama Pakai Makelar Singapura
Menlu Retno Retno Lestari Priansari memberikan keterangan pers terkait isu "miring" kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat di Jakarta, Sabtu (7/11). (Antara)

Merahputih Peristiwa - Beredar isu yang terkait pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Barack Obama akhir Oktober lalu adalah berkat bantuan konsultan Singapura. Mendengar isu tersebut Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) langsung membantah. Mereka menilai tuduhan itu tidak berdasar dan sebagian besar fiktif.

"Kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat adalah atas undangan Presiden Obama yang disampaikan langsung pada saat pertemuan bilateral di sela-sela KTT APEC 2014 di Beijing pada 10 November 2014. Undangan ini kemudian ditindaklanjuti dengan undangan tertulis yang disampaikan melalui saluran diplomatik," dalam keterangan tertulis Menlu Retno LP Marsudi, Sabtu (7/11).

Berikut pernyataan Kementerian Luar Negeri:

1. Kementerian Luar Negeri menyesalkan adanya artikel yang berjudul "Menunggu di Lobi Gedung Putih". Isu yang diangkat sangat tidak akurat, tidak berdasar dan sebagian mendekati ke arah fiktif.

2. Kunjungan Presiden RI Jokowi ke Amerika Serikat adalah atas undangan Presiden AS Obama yang disampaikan langsung pada saat pertemuan bilateral di sela-sela KTT APEC 2014 di Beijing pada 10 November 2014. Undangan ini kemudian ditindaklanjuti dengan undangan tertulis yang disampaikan melalui saluran diplomatik.

3. Jadwal Presiden Jokowi serta perhatian beliau akan berbagai isu penting dan mendesak mengakibatkan undangan ini baru dapat dipenuhi pada tanggal 25-27 Oktober 2015.

4. Sama halnya dengan persiapan kunjungan Presiden RI ke negara-negara lain, persiapan kunjungan ke Amerika Serikat tersebut dipimpin oleh Menteri Luar Negeri, berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga, parlemen, KBRI Washington DC, Konsulat Jenderal RI di San Francisco, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, serta kalangan bisnis dan para pemangku kepentingan lainnya.

5. Persiapan untuk kunjungan tersebut juga mencakup sejumlah pertemuan tingkat Menteri dan kunjungan timbal balik para Menteri dan pejabat tinggi dari kedua negara, sejumlah misi bisnis, dan puncaknya adalah pertemuan antara Menteri Luar Negeri RI dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat di Washington, DC pada tanggal 21 September 2015. Hal ini menandai pentingnya kesuksesan hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat yang bukan hanya menjadi kepentingan Pemerintah, namun juga berbagai pemangku kepentingan di Indonesia secara menyeluruh.

6. Persiapan intensif ini memungkinkan ditandatanganinya lebih dari 18 perjanjian bisnis senilai lebih dari US$ 20 milyar dan sejumlah Nota Kesepahaman antara Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia. Kunjungan ini juga meningkatkan hubungan kedua negara menjadi mitra yang lebih strategis.

7. Pemerintah RI tidak menggunakan jasa pelobi dalam mengatur dan mempersiapan kunjungan Presiden ke Amerika Serikat. Kementerian Luar Negeri juga tidak pernah mengeluarkan anggaran Kementerian untuk jasa pelobi namun memahami bahwa penggunaan jasa pelobi merupakan bagian nyata dari dunia politik di Amerika Serikat.  Hal tersebut seringkali digunakan oleh pemangku kepentingan dan Pemerintah negara-negara lain di dunia untuk memajukan kepentingan mereka di Amerika Serikat.

8. Merujuk pada tuduhan yang tidak berdasar akan adanya perselisihan antara Menteri Luar Negeri dan salah satu menteri lain pada saat persiapan kunjungan ini, Kementerian Luar Negeri menyesalkan seorang akademisi yang terhormat dapat menyampaikan suatu pernyataan yang tidak benar.

Sebelumnya, akademisi Australia Michael Buehler, dosen Ilmu Politik Asia Tenggara di School of Oriental and African Studies di London, menulis di situs New Mandala dengan judul "Menunggu di Lobi Gedung Putih", pertemuan Presiden RI Jokowi dan Presiden AS Obama di Gedung Putih itu terjadi berkat lobi konsultan Singapura yang membayar sebesar US$80 ribu atau setara Rp1 miliar kepada perusahaan pelobi di Las Vegas, AS.

BACA JUGA:

  1. Jokowi Bilang ke Obama, Indonesia Ingin Gabung TPP
  2. Tradisi Toleransi dan Demokrasi, Obama Apresiasi Indonesia
  3. Suasana Pertemuan Jokowi dengan Obama
  4. BRI Sebut Pinjaman dari Tiongkok Perkuat Rupiah
  5. Kemenhan Bantah Tiongkok Ajak Latihan Perang Bersama
#Barack Obama #Presiden Jokowi #Menlu Retno LP Marsudi #Makelar Pertemuan Jokowi-Obama #Kementerian Luar Negeri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan