Menkop dan UKM Tutup 62.000 Koperasi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 03 November 2015
Menkop dan UKM Tutup 62.000 Koperasi
Pengunjung mengamati produk usaha kecil dan menengah (UKM) berupa cinderamata berbahan kayu saat pameran nusantara Demak Fair 2015 di Demak, Jawa Tengah, Sabtu (31/10). (Foto Antara/Yusuf Nugroho)

MerahPutih Bisnis - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga merasa tak mau kalah bersaing dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dalam sebuah acara Puspayoga mengatakan telah berhasil 'menenggelamkan' 62.000 koperasi di Indonesia. 

"Saya lapor ke teman-teman di sini bahwa Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) sudah menenggelamkan 101 kapal. Kita juga sudah menenggelamkan koperasi 62 ribu. Kita revolusi total koperasi," ujar Puspayoga, ditemui di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/11). Menurutnya, 62.000 koperasi tersebut  tidak cukup kompeten selama beroperasi.

Puspa mengungkapkan sebanyak 147.000 koperasi dinyatakan masih sehat. Ratusan koperasi tersebut sudah mendapatkan nomor induk koperasi dengan sistem online.

"147.000 koperasi sudah online sistem dan punya nomor induk koperasi," tuturnya.

Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM tengah memperkecil jumlah koperasi. Jadi yang akan ditonjolkan nanti adalah kualitas koperasi tersebut.

"Dulu sebanyak-banyaknya koperasi dibuat. Saya tahu itu buat apa. Sekarang tidak, reorientasi jadi tidak lagi kuantitas tapi kualitas. Untuk itu koperasi perikanan saya harapkan bangun koperasi yang bagus. Minimal di masing-masing Provinsi ada yang bagus," ungkapnya.

Untuk itu Puspa berharap dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Menteri Kelautan dan Perikanan ini. Diharapkan bisa mengembangkan koperasi-koperasi perikanan.

"Tadi kita sudah MoU. Itu diharap ditindaklanjuti dengan baik," pungkasnya. (rfd)

BACA JUGA:

  1. Menkop UKM Suntik Dana untuk Istri Nelayan
  2. Paket Ekonomi IV Diharapkan Atasi Hambatan UKM
  3. BRI Salurkan KUR Rp3,1 Triliun ke 200 Pelaku UKM
  4. 30 UKM Akan Dapat Pinjaman Berbunga Rendah
  5. Selain Suntikan Modal, Pelaku UKM Butuh Bimbingan

 

#Menteri Koperasi Dan UKM Anak Agung Gede Ngurah P
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan