Headline

Menkominfo Rudiantara: Dari Kota Ende, Bung Karno Temukan Persatuan dalam Perbedaan

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 26 Maret 2019
 Menkominfo Rudiantara: Dari Kota Ende, Bung Karno Temukan Persatuan dalam Perbedaan
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

MerahPutih.Com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mempunyai refleksi sendiri ketika berkunjung ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Apalagi Kota Ende dikenal sebagai tempat pengasingan Bung Karno dan lebih dari itu, selama di Ende, Bung Karno menggali dan menemukan Pancasila.

Dalam keterangannya kepada awak media, Rudiantara menyatakan dalam pengasingan di Ende, Bung Karno menggali bagaimana mempersatukan perbedaan-perbedaan di Indonesia.

"Bung Karno diasingkan, justeru dalam pengasingan itu, Bung Karno mencoba menggali bagaimana secara filosofi mencoba mempersatukan perbedaan-perbedaan di Indonesia," kata Rudiantara di Ende, Senin (25/3).

Chief RA demikian sapaan akrabnya mengemukakan hal itu, ketika mengunjungi taman dan rumah pengasingan Bung Karno selama di pengasingannya di Ende pada 1930-1934.

Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende
Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

"Sebagaimana yang kita ketahui, kalau misalkan hanya berpatokan pada agama Islam, para misionaris bertanya kepada Bung Karno, kalau begitu tempat kami lain di mana," katanya.

Selain itu, tempat agama Hindu, ibunya Bung Karno di mana, sehingga munculah di sini pemikiran bagaimana menyatukan semuanya di bawah pohon Sukun ini, katanya sambil menunjuk pohon Sukun.

Secara filofosis, Bung Karno membuat konsep-konsep bagaimana menyatukan Indonesia, baik dalam sisi budaya, agama dan lainnya, katanya.

Dalam konteks sekarang, menyatukan Indonesia bisa dianalogikan dengan menerapkan bagaimana mempersatukan Indonesia secara fisik, ujarnya.

"Dan bagi warganet, yang penting itu adalah bisa menggunakan internet yang tidak lemot di mana-mana di seluruh Indonesia," katanya.

Itulah yang sedang dibangun oleh pemerintah saat ini yakni membangun Palapa Ring, menyiapkan satelit khusus untuk internet, dimana nanti untuk seluruh sekolah harus terhubung dengan internet melalui satelit dengan kecepatan tinggi.

Inilah bagaimana kita mempersatuan Indonesia dengan internet, katanya menambahkan.

Rudiantara sebagaimana dilansir Antara mengatakan, tahun ini, Indonesia berusia 74 tahun dan merayakan kemerdekaan dari penjajahan, tetapi internet merdekanya baru sampai ke kabupaten.

Tetapi pada pertengahan tahun 2019 ini, dengan terintegrasinya jaringan tulang punggung yang menyentuh 514 kota di Indonesia, maka kota-kota di seluruh Indonesia sudah bisa merdeka dari sinyal.

"Itulah yang kita siapkan untuk mempersatuan Indonesia. Yang penting bagi warganet, anak muda, berinternet di seluruh Indonesia bukan masalah karena merupakan hak dari warga bangsa ini," pungkas Rudiantara.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Jaksa KPK Tuntut Gubernur Aceh Nonaktif Irwandi Yusuf 10 Tahun Penjara

#Menkominfo #Rudiantara #Bung Karno #Ende
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan