Waspada Virus Corona

Menkominfo Imbau Masyarakat Tak Sebar Hoaks Soal Virus Corona

Eddy FloEddy Flo - Senin, 03 Februari 2020
  Menkominfo Imbau Masyarakat Tak Sebar Hoaks Soal Virus Corona
Menkominfo Johnny G Plate imbau masyarakat tidak sebar hoaks soal virus corona (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengimbau kepada masyarakat agar tak menyebarkan hoaks di dunia maya berkaitan dengan wabah virus Corona.

"Kami lakukan imbauan kepada masyarakat, salah satu dengan menyampaikan keterangan kepada media seperti ini. Kami mengimbau masyarakat untuk jangan melakukan itu," kata Johnny di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Baca Juga:

Begini Suasana Natuna Pasca Kerusuhan Penolakan Karantina WNI dari Wuhan

Johnny mengatakan pihaknya belum melakukan upaya hukum kepada pihak-pihak yang menyebarkan hoaks terkait virus Corona. Saat ini, kata dia, pemerintah lebih mengedepankan upaya persuasif.

Sekjen Partai Nasdem ini melanjutkan, pihaknya hanya memberikan label dan cap terhadap informasi hoaks berkaitan dengan wabah virus Corona.

Menkominfo Johnny G Plate bicara soal hoaks virus corona
Menkominfo Johnny G Plate (Foto: antaranews)

Menurutnya akun yang teridentifikasi menyebar hoaks, tidak langsung dinonaktifkan. Akun tersebut hanya diberikan penjelasan bahwa informasi yang disebar menyebarkan hoaks.

"Tidak langsung takedown dahulu, tetapi kami langsung mengategorikan mana yang hoaks, mana yang disinformasi dan itu langsung diedarkan melalui media Komunikasi yang dimiliki," ujarnya.

Meski demikian, Johnny menegaskan hoaks tersebut tidak selamanya diladeni dengan langkah persuasif. Jika terus berlanjut, Johnny menyebut akan ada upaya hukum yang akan ditempuh.

"Kalo berulang-ulang terus, nanti aparat melalui pendekatan hukum, kita akan proses lebih lanjut," tandasnya.

Sebagai informasi, Kemenkominfo melakukan pendataan hoaks dan disinformasi berkaitan dengan wabah virus Corona. Dari pendataan ini hingga 23 Januari 2020, Kemenkominfo mencatat 54 hoaks dan disinformasi tersebar di dunia maya yang berkaitan virus Corona.

Baca Juga:

Bahaya Virus Corona Mengintai, Pemkot Solo Waspadai Penjualan Kelelawar

Dalam pendataan Kemenkominfo, terdapat hoaks yang sudah disebar pada 6 Mei 2019. Hoaks itu beredar di jejaring media sosial yang menyarankan publik untuk mencuci bersih kurma demi terhindar dari virus Corona.

Selain itu, coronavirus cenderung ditularkan melalui udara, khususnya dari orang-orang yang sudah terinfeksi virus ini melalui bersin dan batuk.(Pon)

Baca Juga:

Mulai Kewalahan, Tiongkok Gandeng Rusia Kembangkan Vaksin untuk Virus Corona

#Virus Corona #Penyebar Hoaks #Menkominfo #Johnny G Plate
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan