Menkominfo Dorong Kolaborasi Gerakan Menuju Smart City 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 21 April 2022
Menkominfo Dorong Kolaborasi Gerakan Menuju Smart City 2022
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, saat kunjungan kerja ke Papua, Kamis (24/9/2021). ANTARA/kominfo.go.id/am.

MerahPutih.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menginisiasi Gerakan Menuju Smart City untuk menumbuhkan lebih banyak lagi kota-kota cerdas di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendorong kolaborasi bersama mewujudkan Kota Cerdas di Indonesia untuk memperluas titik pertumbuhan digital di seluruh tanah air.

Baca Juga

Menkominfo Dorong BUMN dan Swasta Gunakan Produk Dalam Negeri

“Dengan adanya partisipasi aktif dan keinginan yang kuat dari pemerintah daerah, saya berharap titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru tanah air kita, Indonesia. Membawa gerak akselerasi pertumbuhan yang inklusif, berkelanjutan dan memberdayakan,” kata Johnny di Jakarta, Kamis (21/4).

Johnny menyatakan, Gerakan Menuju Smart City yang diinisiasi Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo telah tergabung 25 kabupaten dan kota pada tahun 2017. Kemudian, 50 kabupaten dan kota di tahun 2018. Lalu 25 kabupaten dan kota di tahun 2019, serta 48 kabupaten dan kota pada tahun 2021 yang lalu.

“Perlu pula dicatat secara khusus bahwa untuk tahun 2021 terdapat 7 kabupaten kota yang mendapatkan pengulangan dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, terdapat total 141 kabupaten kota dari 514 kabupaten kota di Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Menuju Smart City sampai tahun 2021,” tuturnya.

Sampai tahun 2022, Johnny menyatakan sudah sebanyak 191 pemerintah kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia bergabung dengan Gerakan Menuju Smart City.

"Pada tahun ini Kominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika akan melakukan pendampingan penyusunan masterplan atau rencana induk Smart City bagi 50 kabupaten dan kota terpilih," jelasnya,

Baca Juga

Menkominfo Tegaskan Jokowi Minta Tidak Ada Lagi Bicara Penundaan Pemilu

Johnny menegaskan Pemerintah terus secara konsisten menyelenggarakan Gerakan Menuju Smart City dengan meningkatkan sinergi kementerian, lembaga atau pemerintah daerah.

"Kementerian Kominfo juga terus secara konsisten menyelenggarakan program ini melalui sinergi dengan kementerian dan lembaga yang terkait, termasuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kantor Staf Presiden (KSP),” katanya.

Menurut Johnny, Kominfo mengajak kepala daerah bersama-sama menjaga momentum sinergi dengan terus mendorong inovasi Indonesia agar makin digital makin maju.

“Sekaligus dengan ini saya meneruskan peresmian implementasi Gerakan Menuju Smart City 2022. Dengan harapan, semoga kita semua diberikan ilham yang kuat, mempunyai semangat, ide-ide kreatif dan inovatif untuk menghasilkan policy making yang tepat untuk wilayah-wilayah atau kota-kota cerdas kita masing-masing. Sehingga apa yang dilakukan memberikan manfaat yang besar bagi negeri dan rakyat yang kita cintai bersama. Tuhan memberkati kita sekalian,” ucapnya. (*)

Baca Juga

Menkominfo Pastikan Pemerintah Tak Pernah Lakukan Peretasan

#Menkominfo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan