Menko Wiranto Akui Pekerja Korban Pembantaian KKB Papua Masih Banyak yang Hilang Menkopolhukam Wiranto (Dok. Sekretariat Kabinet)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto mengatakan, saat ini operasi penyelamatan korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga, Papua, masih terus dilakukan karena masih banyak pekerja yang dilaporkan masih hilang.

"Operasi penyelamatan korban masih terus dilakukan baik di tempat kejadian maupun sekitar kejadian karena banyak juga dari para pekerja yang menyelamatkan diri secara terpecah," kata Wiranto, usai menggelar Rapat Koordinasi tentang penyelesaian permasalahan Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/12).

Menkopolhukam memaparkan berdasarkan laporan yang diterimanya dari Polri dan TNI sudah dapat diidentifikasi sebanyak 17 orang meninggal, ditembak dan dibacok. "Kemudian, empat orang ditemukan selamat dan masih hidup, sementara empat orang lainnya masih dalam pencarian," imbuh Wiranto.

kkb papua
Jenazah korban pembunuhan di Papua tiba di hanggar bandara Mozes Kilangin Timika (tribratanews.papua.polri.go.id)

Wiranto menambahkan sebanyak 27 orang telah dievakuasi dan selamat, tidak hanya pekerja jembatan, tetapi ada pekerja puskesmas, telkom, karyawan SMP. "Mereka dapat diselamatkan karena mereka melarikan diri," tandas Panglima ABRI di era Presiden Soeharto itu.

Hadir dalam rapat koordinasi itu sebagaimana dilaporkan Antara, antara lain, perwakilan Polri, perwakilan TNI dan Kementerian Luar Negeri. Saat ini, satgas terpadu dari TNI dan Polri masih melakukan pengejaran kepada KKB Nduga pelaku pembantaian. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH