Menko Maritim Tinjau Lokasi Reklamasi Pulau D Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli bersama rombongan saat di kapal nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (17/11). (Foto: MerahPutih/Restu Fadilah)

Merahputih Megapolitan - Menteri koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli meninjau langsung kondisi lokasi reklamasi di Pulau D Pantai Utara Jakarta.

Rizal menyatakan bahwa dampak yang ditimbulkan dari reklamasi akan membawa dampak kerusakan lingkungan.

"Selain itu dampak lain yang dirasakan akan mematikan mata pencarian nelayan dalam mencari ikan," ujar Rizal saat ditemui Pantai D, Jakarta Utara, Rabu (4/5).

Rizal menuturkan reklamasi hal biasa dilakukan di seluruh dunia. Tapi memang akan ada dampak resiko yang ditimbulkan, terutama terhadap lingkungan hidup.

"Kemungkinan banjir, resiko terhadap jalur lantas laut terhambat, dan sebagainya. Jadi tata ruangnya harus betul-betul diperbaiki dan dipenuhi.

"Dalam reklamasi, ada 3 kepentingan, negara yang ingin dampak lingkungan sekecil mungkin, tata kelola, resiko banjir dikurangi dan ada aspek penerimaan negara. Lalu kepentingan rakyat dan publik harus diutamakan termasuk nelayan," terangnya.

Menurut Rizal Seperti yang dikatakan presiden, sangat tidak bagus kalau reklamasi di kendalikan swasat dengan membuat peta sendiri.

"Tugas kami bagaimana ketiga kepentingan itu bisa dioptimalkan dengan baik, tapi harus drive negara, dengan menentukan undang-undang. Para pengembang harus melaksanakan. Mau jadi apa swasta bikin aturan sendiri," tuturnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Menko Maritim Rizal Ramli Iri dengan Pekerja Industri Pariwisata
  2. Rizal Ramli Ingin Lima Tahun Lagi Sektor Pariwisata Sumbang Devisa US$20 Miliar
  3. Rizal Ramli Terkejut Masih Banyak Wisatawan Asing Bayar Visa
  4. Rizal Ramli Bentuk Komite Gabungan Selesaikan Masalah Reklamasi
  5. Rizal Ramli: Regulasi Soal Reklamasi Masih Tumpang Tindih


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH