Menko Maritim "Debat" dengan Pakar Ekonomi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 11 Juni 2020
Menko Maritim
Kemenko Kemaritiman Luhut B Panjaitan. (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menerima kehadiran pakar ekonomi Djamester Simarmata dalam rangka bertukar pikiran dan pandangan terkait berbagai hal terkait kebijakan ekonomi Indonesia.

Pertemuan berlangsung di ruang rapat kantor Kementerian bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (11/6).

Baca Juga:

Anak Buah Luhut Pastikan 500 TKA Asal Tiongkok Tiba di Indonesia Awal Juli

Selain membahas terkait utang dan kondisi keuangan negara, pertemuan sekitar satu jam tersebut juga diisi dengan topik mengenai ekonomi makro. Perdebatan yang terjadi berlangsung secara ilmiah dan konstruktif.

Menko Luhut juga didampingi beberapa deputi dan tenaga ahli untuk membantu menyajikan data yang relevan.

“Diskusi berlangsung sangat menarik. Kami menyajikan data yang terjadi sampai hari ini. Walaupun ada perbedaan pandangan, namun masukan dari Pak Djamester sangat baik dan beliau mengetahui bahwa pemerintah sedang mengelola keuangan negara dengan benar,” ujar Jodi Mahardi, Juru Bicara Menko Marves.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri). ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri). ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Jodi menambahkan, Menko Luhut selalu menunggu dan senang dengan pertemuan semacam ini karena pengamat atau pakar dalam berbagai bidang dapat menyampaikan kritik dan masukannya secara langsung yang bersifat konstruktif, tanpa membuat kegaduhan di masyarakat.

“Pertemuan semacam ini yang sebenarnya kita tunggu. Bertemu, duduk bersama, untuk mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Banyak masukan yang sangat luar biasa, tanpa perlu menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Sangat fair saya kira,” tegas Jodi.

Djamester yang merupakan dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menko Luhut.

Baca Juga:

Tak Etis Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Luhut Diseret ke Ranah Politik

Menurutnya, pertemuan semacam ini perlu untuk terus diadakan agar semua pihak dapat berdiskusi secara langsung tanpa perlu menimbulkan kegaduhan.

“Saya berterima kasih kepada Pak Luhut karena selama ini debat seperti ini tidak ada. Itu sangat bagus,” ujar Djamester dalam penghujung pertemuan.

Tim ahli bidang ekonomi yang dimiliki oleh Menko Luhut adalah anak-anak muda yang selalu terbuka untuk mendengarkan dan menerima masukan dari semua pihak, terlebih dari ekonom senior seperti Djamester.

Sehingga ke depan, pertemuan semacam ini akan secara berkala dilaksanakan, untuk terus mendapat feedback yang bermanfaat bagi pembangunan Indonesia. (Knu)

Baca Juga:

Saksi Kunci Dugaan Penghinaan Said Didu Terhadap Luhut Mendadak Mangkir

#Luhut Panjaitan #Ekonomi Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan