Menko Kemaritiman: NTT Miliki Kekayaan Terpendam

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 01 November 2017
Menko Kemaritiman: NTT Miliki Kekayaan Terpendam
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Polhukam Luhut Panjaitan. (Humas/Rahmat)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Nusa Tenggara Timur memiliki kekayaan terpendam di Indonesia.

"NTT adalah provinsi yang memiliki banyak kekayaan. Namun kurang diperhatikan selama ini, karena manajemen pembangunan tidak dilakukan secara holistik dan terintegrasi," kata Luhut di Flores, Rabu (1/11).

Ia mengaku bahwa selama ini provinsi berbasis kepulauan itu tidak diurus secara terintegrasi dan holistik apalagi Kota Larantuka, ibu kota Flores Timur yang memiliki begitu banyak kekayaan yang terpendam.

Luhut juga menyebut bahwa potensi garam di NTT sangat bagus untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. "Potensi garam di daerah ini, jika dikelola secara maksimal, bisa menutup garam impor yang berlangsung selama ini," katanya.

Lahan garam di NTT, menurut data yang dimiliki pemerintah, dari 1 hektare lahan garam bisa menghasilkan 100 ton garam, artinya bila ada 21.000 hektare lahan garam, bisa memproduksi hingga 21 juta ton garam.

"Apabila dikalkulasi dengan perhitungan biaya saat ini, maka akan ada perputaran uang sekitar Rp 30 triliun di NTT, dan hanya dari garam," katanya.

Namun, Menko Luhut menegaskan, masyarakat lokal pun harus mendapatkan manfaat dari potensi garam ini, terutama masyarakat sebagai pemilik tanah yang dijadikan lahan garam.

"Saya sudah bilang juga dengan pengusaha-pengusaha dan PT Garam, pokoknya rakyat itu yang punya lahan harus juga menikmati, jadi semua terintegrasi," katanya. (*)

#Menko Kemaritiman #Luhut Panjaitan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan