Menkeu Pastikan Rapelan Kenaikan Gaji PNS Cair Sebelum Hari Pencoblosan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pencairan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilakukan pada April 2019, alias bulan yang sama pencoblosan pemilu presiden dan legislatif 2019 digelar 17 April mendatang.

Menurut Sri Mulyani, para PNS nantinya juga mendapatkan rapelan kenaikan gaji dengan jumlah sekaligus yang dihitung mulai Januari 2019.

"Karena UU APBN kan untuk (mulai) Januari. Untuk Mei dan selanjutnya dibayarkan tepat waktu pembayaran gajinya." ujarnya di Jakarta, Rabu (13/3).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MP/.Rizki Fitrianto)

Sri Mulyani mengungkapkan kenaikan gaji PNS itu diatur dalam Undang-undang (UU) APBN 2019 yang disahkan pada Oktober 2018. Dalam UU itu, kata dia, PNS mendapat kenaikan gaji pokok sehingga diperlukan peraturan pemerintah sebagai petunjuk hukum untuk melaksanakan perintah UU ini.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menjelaskan bahwa kenaikan gaji PNS 2019 itu baru dibayarkan April, namun besarannya akan mencakup kenaikan gaji dari Januari-April.

"Baru untuk Mei dan selanjutnya dibayarkan per bulan sesuai waktu pembayaran gajinya," katanya seperti dilansir Antara.

Saat ini, kata Sri Mulyani, pihaknya sedang menunggu data lengkap dari kementerian dan lembaga untuk memverifikasi kenaikan gaji PNS 2019 itu. Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani peraturan pemerintah soal itu.

PNS sedang mengikuti upacara apel pagi. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

"Namun karena ini menyangkut seluruh PNS, seluruh kementerian lembaga, maka kami membutuhkan data detailnya dari setiap kementerian dan lembaga jumlah PNS dan berapa kenaikannya," kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, saat membacakan pidato nota keuangan dan RUU APBN 2019, Presiden Jokowi mengumumkan kenaikan gaji dan pensiun pokok aparatur sipil negara sebesar sekitar lima persen pada 2019. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH