Menkes Tegaskan Takkan Isolasi Kota Depok

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 02 Maret 2020
Menkes Tegaskan Takkan Isolasi Kota Depok
Menkes Terawan Agus Putranto berdialog dengan pengungsi banjir di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (2/1) (ANTARA/Prisca Triferna)

Merahputih.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto tak akan membatasi kegiatan di Depok, Jawa Barat pascadua warga setempat dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19. Ia meminta warga tak panik dan beraktivitas seperti biasa.

"Kita rasional saja, masa mau ditutup. Masa seluruh Indonesia harus ditutup. Ya enggaklah," kata Terawan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Baca Juga:

Virus Corona Sudah Masuk Indonesia, Jokowi: 2 Orang Positif

Terawan mengimbau warga tak perlu khawatir atau takut berlebihan menghadapi kasus dua pasien yang telah dinyatakan positif virus corona. Ia hanya mengingatkan agar warga hati-hati dan tetap menjaga kesehatan.

"Kita hati-hati tapi tidak boleh paranoid," kata dia.

Terawan menyebut, pembatasan kegiatan dan isolasi hanya dilakukan di rumah dua warga yang terinfeksi virus corona. Ia memastikan, Dinas Kesehatan Kota Depok terus memantau kondisi rumah dua warga tersebut.

"Sesuai prosedur, dinkes memantau dan isolasi rumah," ucap dia.

Ilustrasi Balaikota Depok. (Foto: Antara)

Terawan menuturkan pembatasan kegiatan dan isolasi hanya dilakukan di rumah dua warga yang terinfeksi virus corona. "Sesuai prosedur, dinkes memantau dan isolasi rumah," ucapnya.

Terawan juga mengingatkan pada warga agar tak menggunakan masker secara berlebihan. Menurutnya, masker hanya digunakan bagi orang yang sakit atau orang yang memiliki kontak dengan orang sakit. Sementara bagi warga yang sehat tak perlu menggunakan masker.

Baca Juga:

Seberapa Efektif Masker Respirator N95 Melindungimu dari Virus Corona?

"Kalau yang sehat pakai [masker] juga percuma. Dia nanti megang-megang tangannya, tetap bisa kena. Daripada itu mending dia jauhi orang sakit, yang sakit menutup diri," tutur purnawirawan jenderal bintang tiga ini. (Knu)

#Menteri Kesehatan #Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan