Menkes Pastikan Pelayanan Kesehatan di Papua dan Papua Barat Tetap Berjalan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek di Gedung KPK, Rabu (21/8). Foto: MP/Ponco

MerahPutih.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek memaatikan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang berada di Papua dan Papua Barat tetap berjalan. Hal itu disampaikan Nila usai bertemu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya kira kalau untuk pelayanan publik seperti RS kita harus tetap," kata Nila di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (21/8).

Baca Juga: Begini Kondisi PNS di Papua Saat Kerusuhan Versi Menpan-RB

Nila mengaku belum mendapat informasi adanya rumah sakit di Sorong, Papua Barat yang berhenti beroperasi lantaran situasi keamanan yang tidak kondusif.

Nila memastikan, jika informasi itu benar akan berkoordinasi dan meminta TNI untuk melindungi fasilitas kesehatan agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus berjalan.

rusuh
Aksi demonstrasi diwarnai pembakaran kios di Fakfak, Papua Barat, Rabu (21/8) (Antaranews)

Baca Juga: Papua Barat Kembali Membara, Kini Pasar Fakfak Dibakar Massa

"Nanti kami akan cek, tapi kami akan minta kalau misalnya mereka takut dengan keamanan kami minta untuk diawasi atau dibantu oleh TNI untuk keamanan. Biasanya kami akan kerjasama seperti biasanya. Biasanya kalo bencana kan harus bersama-sama dalam hal ini," ujar Nila.

Menurutnya, pelayanan publik, khususnya pelayanan kesehatan, harus terus berjalan dalam kondisi apapun. Sejauh ini, kata Nila, petugas kesehatan di Papua dan Papua Barat, termasuk yang diterjunkan di pelosok dalam kondisi aman.

Baca Juga: Aktivitas Warga di Kota Sorong Berangsur Normal

"Tim kesehatan saya kira kita netral kita harus tetap bekerja. Nanti saya akan cek kalo RS Sorong tadi. Kita tetap harus bekerja, kita harus melayani," tutup Nila. (Pon)

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH