Menkes Bangga Pemuda Bantu Masyarakat Terpencil Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kiri) memberi pemaparan saat mengisi kuliah umum di Balairung UI, Depok, Jawa Barat, Senin (31/7). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

MerahPutih.com - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengaku bangga terhadap kalangan muda yang loyal kepada bangsa untuk membantu masyarakat di daerah terpencil.

"Saat ini pemerintah memanggil mereka secara online dan mereka mendaftar untuk mau ditempatkan daerah terpencil perbatasan kepulauan. Mereka ribuan yang mendaftar untuk kami screening mulai dari dokter sampai tenaga laboratorium membentuk satu tim," kata Nila dihadapan ribuan mahasiwa baru Universitas Indonesia (UI) di Depok, Senin (31/7).

Nila pun bangga terhadap perawat, bidan serta kesman karena yang mendaftar cukup banyak. Namun, sangat disayangkan yang mendaftar sebagai dokter sangat sedikit terutama dokter gigi.

Padahal dokter gigi merupakan salah satu tenaga yang diperlukan. Saat ini, Nusantara Sehat sudah mengirim sampai 1.422 tenaga kesehatan terdiri dari 251 tim di 28 provinsi dengan 91 kabupaten.

"Kemarin mengirim kembali 371 tenaga untuk tambahan di 60 puskesmas untuk 2 tahun," katanya.

Daerahnya betul-betul daerah terpencil, seperti Malaka, di perbatasan NTT dengan Timor Leste kemudian di daerah Papua, Puncak Gunung Jaya, di sana mereka membantu masyarakat memberikan layanan kesehatan.

Nila mengatakan bahwa di sana mereka didik dan dilatih bela diri seperti karate untuk menjaga diri di daerah pinggiran.

Dikatakannya juga bahwa Nusantara Sehat saat ini sudah ke-7 sedang dilatih dan akan mengirimnya kembali ke daerah terpencil.

"Satu sudah kembali dan mereka meminta untuk dikirim lagi tentu kami tidak akan mengirim kembali tetapi mereka mau penugasan khusus, jadi saya percaya anak-anak muda kita masih loyal kepada bangsa," katanya. (*)

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH