Menjawab Tantangan Mompreneurship Melalui Kelas Pintar Vol. 5 Jadi ibu, istri sekaligus berbisnis daring dengan memanfaatkan produk daur ulang (Foto MP/Gladys Yovanca)

BERKUMPUL menjadi lebih pintar adalah keharusan. Demikian juga sekumpulan ibu-ibu yang membentuk komunitas parenting ini berusaha menjadi mempintarkan ibu-ibu lainnya.

Komunitas Sahabat Ibu Pintar dipertemukan dalam acara Kelas Pintar Vol. 5. Kegiatan bersama Blibli.com. itu mengusung tema Manfaatkan Peluang dari Daur Ulang. Langkah mengoptimalkan waktu dan produktivitas diri dengan berbisnis daring di Mal Blibli.com.


Baca Juga:

Gejala 'Baby Blues' Bisa Berakibat Fatal


Dalam acara itu hadir dua narasumber yang luar biasa, Oriissa A. R., M.Psi, Psi., expert partner Sahabat Ibu Pintar dan Miranti Andi Kasim, co-founder Living Loving. Diawali perbincangan seputar ibu enterprenurship, kemudian dilanjutkan, sesi workshop dan kompetisi foto.

Menariknya, memulai bisnis tak semudah yang dibayangkan. Berikut ini beberapa trik dari salah satu expert partner Sahabat Ibu Pintar dalam menghadapi tantangan sebagai mompreneurship.

Prioritaskan kebutuhan

mom
Menjalankan usaha sembari mengurus keluarga (Foto: MP/Gladys Yovanca)


Jadi ibu rumah tangga sekaligus enterprenur membutuhkan fisik dan mental yang baik. Buat prioritas, Hindari memaksakan diri hingga melupakan kebutuhan pribadi. Jika terasa lelah, istirahatkan tubuh sejenak. Lakukan kegiatan yang menenangkan dan mengembalikan energi positif.

Pola waktu yang baik

mom
Atur waktu dalam membagi tugas sebagai istri, ibu dan pebisnis rumahan (Foto: MP/Gladys Yovanca)


Sebagai seorang ibu sekaligus istri, waktu sehari-hari disibukkan dengan kegiatan rumah tangga. Menariknya, banyak perempuan yang menginginkan aktivitas lainnya setelah berkeluarga. Salah satunya dengan memulai bisnis daring.

Untuk itu, penting mengatur pola waktu dengan menyeimbangkan produktivitas rumah tangga dengan usaha daring. Terapkan pembagian waktu saat menjadi ibu, istri dan pebisnis online. Jangan gabungkan beberapa kegiatan dalam satu waktu. Siapkan strategi dalam menghemat waktu. Hindari aktivitas yang terlalu menghabiskan waktu. Sesekali, membeli makanan di rumah makan lebih efektif.

Baca Juga:

Penting! Yuk Kenali Aturan Tiket Pesawat Untuk Bayi


Komunikasi jadi kunci utama

mom
Utamakan interaksi bersama orang terdekat (Foto: MP/Gladys Yovanca)

Menjalin komunikasi bisa bantu meningkatkan perkembangan usahamu. Bisa berinteraksi bersama pasangan, keluarga besar, rekan kerja atau sesama pebisnis dan juga komunitas. Melalui komunikasi membantu proses bertukar pikiran. Kamu juga bisa meminta kritik dan saran sebagai evaluasi diri. Saat merasa jenuh, dukungan orang terdekat bisa mengembalikan semangat.

Mulai dengan kesukaan

mom
Para mompreneur menyarankan agar membentuk pola pikir positif dahulu. (Foto: MP/Gladys Yovanca)


Mulai dengan membentuk pola pemikiran positif. Baiknya, pilih usaha yang sesuai dengan kesukaan atau hobimu. Melakukan pekerjaan yang disukai akan lebih bermakna dan dinikmati. Tentunya, diimbangi rasa kepercayaan diri dan keinginan sukses di masa depan. Ingatlah fokus utama dalam mencapai keinginan. Saat memutuskan pilihan, tekuni dan terapkan prinsip untuk terus belajar. Menyerah bukan pilihan tepat. (dys)

Baca Juga:

Begini Caranya Atasi ‘Sleep Regression’ pada Anak!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH