Pesona Indonesia

Menjanjikan, Jumlah Wisatawan ke Labuan Bajo Terus Meningkat

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 28 Desember 2017
Menjanjikan, Jumlah Wisatawan ke Labuan Bajo Terus Meningkat
Pelabuhan di Labuan Bajo, Flores, NTT. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.Com - Jumlah wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Labuan Bajo, Flores selama tahun 2017 meningkat tajam. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu, hingga akhir 2017 tercatat 122.000 wisatawan.

"Sampai dengan Desember 2017 ini kunjungan wisatawan yang masuk ke Pulau Komodo Labuan Bajo meningkat tajam hingga mencapai 122.000 orang," kata Marius Jelamu saat dihubungi Antara dari Kupang ketika melakukan pemantauan arus kunjungan wisatawan yang masuk ke NTT melalui pintu barat di Labuan Bajo, Kamis (28/12).

Selain itu, dari seluruh gugusan pulau di Nusa Tenggara Timur, Pulau Flores menjadi pilihan pertama para wisatawan berlibur kemudian disusul Sumba.

Untuk kawasan Flores, Marius mengatakan, pengelola Taman Nasional Komodo mencatat jumlah kunjungan ke salah satu destinasi wisatawa unggulan nasional itu didominasi wisatawan mancanegara sebanyak 65 persen, sementara wisatawan domestik 35 persen.

Dibandingkan 2016, katanya, kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke daerah setempat mencapai 82.000 orang.

Menurutnya, meskipun musim sekarang merupakan "low sesion" yang berlangsung dari Desember 2017-April 2018, namun banyak wisatawan dari berbagai daerah ingin menghabiskan waktu akhir tahunnya di Labuan Bajo.

"Saya tadi juga memantau hotel-hotel di Labuan Bajo juga penuh dan sudah diboking dari mana-mana dari luar NTT," katanya.

"Ini pertanda bahwa wisatawan sekarang memilih alternatif liburan tidak lagi hanya berpusat di Bali namun sudah bergeser ke Labuan Bajo," katanya.

Menurut Marius, peningkatan arus kunjungan tersebut didukung dengan lancarnya layanan penerbangan dari sejumlah rute ke Labuan bajo seperti dari Kupang, Denpasar, dan Jakarta.

"Bahkan frekuensi penerbangan Jakarta-Labuan Bajo yang dilayani Maskapai Batik Air dan Garuda telah berdampak besar bagi peningkatan arus wisatawan," katanya.

Marius Ardu Jelamu mengatakan, wisatawan yang masuk ke Labuan Bajo tidak hanya mengunjungi daerah setempat namun banyak yang kemudian menyebar ke sejumlah destinasi lainnya di Pulau Flores seperti Manggarai, Ngada, Ende, Sikka, hingga Flores Timur.

Selain itu, ada pula yang melakukan "over land" ke berbagai destinasi wisata lainnya yang menyebar di Pulau Timor, Alor, Rote, dan Pulau Sumba.

"Tren kunjungan ini tentu sangat positif karena ini menunjukkan pariwisata kita di NTT semakin mendunia karena kunjungan wisatawan terus meningkat dari waktu ke waktu," pungkas Marius Jelamu.(*)

#Pesona Indonesia #Labuan Bajo #Wisata NTT
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan