Menjaga Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan Air hujan masih menyimpan debu dan kotoran halus lainnya. (Foto: Pexels/it's me neosiam)

MUSIM hujan masih malu-malu datangnya. Namun tetap saja air yang menyiram ke mobil harus diwaspadai. Apalagi sehabis hujan muncul matahari yang bersinar dengan gagahnya. Dilema antara membawa ke tempat cuci mobil namun takut datang lagi hujan yang mengguyur.

Hujan memang harus disyukuri memberikan rasa nyaman di udara. Tapi sisa air hujan yang menempel di mobil memang harus segera disingkirkan bila tidak mau jamur atau bekas air meninggalkan jejaknya di bodi atau kaca mobil.

Baca Juga:

Jangan Angkat Wiper Mobil Kalau Parkir

mobil
Air hujan jangan langsung dilap. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Jangan salah tak sembarangan pula membersihkan sisa air hujan. Kamu harus tahu bahwa ada kemungkinan debu atau kotoran halus menempel di bodi. Bila ini dilap begitu saja akan meninggalkan baret halus yang memang tidak terlihat jelas. Tapi membuat mobil terkadang menjadi berbayang baret-baret halusnya

Sebaiknya mobil tetap dibilas dengan air, sebaiknya yang memiliki tekanan cukup. Laman KabarOto yang memuat wawancara Nugroho selaku Supervisor PPS Autoshine, menyarankan jangan langsung dilap. Karena kita tidak tahu didalam kandungan air hujan itu sudah tercampur debu atau batu kecil didalamnya. Nugroho juga mengatakan bahwa dikhawatirkan debu dalam air hujan dapat membaret bodi mobil secara halus, maka timbul namanya swirl atau lecet seperti sarang laba-laba

Dengan semprotan air bertekanan akan menyingkirkan debu dan kotoran-kotoran itu. Pastikan kamu menyemprotnya menyeluruh pada semua bagian kaca dan bodi. Setelah itu baru boleh dilakukan pengeringan menggunakan plas chamois atau lap microfiber.

Baca Juga:

Lebih Baik Pakai Shampo, Jangan Sabun!

mobil
Siram mobil dengan air bertekanan. (Foto: Pexels/Isaac Taylor)

Untuk hasil terbaik bisa dibantu dengan mengusap menggunakan spon atau micro fiber yang sudah direndam pada shampo mobil. Jangan sekali-kali menggunakan sabun atau konsentrat pembersih lainnya yang dapat merusak keindahan warna mobil kamu.

Shampoo mobil yang dipakai sebaiknya shampo yang reguler sebab bila menggunakan shampo dengan kandungan wax maka harus segera dibilas. Bila tidak akan ada sisa-sisa wax yang mengering. Selalu menggunakan spons atau micro fiber, jangan kain gombal atau bekas yang cenderung dapat meninggalkan bekas serat-seratnya.

Penggunaan lap pengering harus diperhatikan. Pakailah chamois atau micro fiber yang memang bersih dari kotoran seperti batu kering. Bila tidak menggunakan lap yang bersih dikhawatirkan menimbulkan baret-baret halus. (*)


Baca Juga:

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan, Nomor 3 Paling Penting!

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH