Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Libur Lebaran

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 02 Mei 2022
 Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Libur Lebaran
Kenali tips agar kulit tetap cantik selama libur Lebarna (Foto: pixabay/ambooh)

KAUM hawa pasti ingin bisa tampil cantik dan menawan saat momen Lebaran. Agar kamu bisa tetap tampil memesona, ada beberapa tips perawatan kulit yang bisa kamu lakukan.

Seperti yang dikutip dari laman Alodokter, tips pertama yakni penuhi kebutuhan cairan. Kamu wajib meminum air putih setidaknya delapan gelas per hari, agar kesehatan tubuh dan kulit tetap terjaga. Untuk membantu memenuhi keubutuhan air harian, kamu dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti halnya buah semangka, mentimun, melon, stroberi, dan tomat.

Baca juga:

Berlebaran Sambil Staycation, Kenapa Enggak?

Minum 8 gelas air putih sehari bisa menjaga kesehatan tubuh dan kulit (Foto: pixabay/congerdesign)

Tips yang kedua yaitu istirahat yang cukup. Ketika puasa, jam tidur kamu mungkin berkurang atau 'acak-acakan' hingga membuat kamu kurang tidur. Kamu bisa menyiasati hal itu dengan menyempatkan tidur lebih cepat di malam hari, dan menyempatkan waktu untuk tidur siang maksimal 20 menit.

Karena, selain membuat tubuh kamu lebih benergi, tidur cukup bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, yang bisa membuat kulit tampak kencang, sehat dan kenyal.

Tips selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan sehat. Agar kulit tetap cantik, kamu perlu menjaga asupan makananmu. Karena hal itu berpengaruh bagi kondisi kesehatan kulit.

Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, yogurt, ikan, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Kemudian, sebaiknya hindari makanan cepat saji dan yang mengandung pengawet. Karena, makanan jenis itu bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit.

Baca juga:

Ide Hadiah Lebaran Ala Dinda Hauw

Kendalikan stres untuk membuat kulit dan tubuh lebih sehat (Foto: pixabay/jillwellington)

Tips keempat, kendalikan stres. Saat tubuh stres maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Apabila kadar hormon kortisol berlebihan, maka bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit, dan membuat kulit mudah berjerawat.

Selain itu, stres pun dapat menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal dan memperparah gangguan kulit seperti psoriasis, eksim, serta rosacea. Untuk mengatasi stres, kamu bisa melakukan meditasi, curhat pada kerabat atau keluarga, dan rutin berolahraga.

Terakhir dan tak kalah penting yakni cuci wajah rutin dua kali sehari. Cucilah wajah kamu dua kali sehari dengan sabun pencuci muka yang cocok dengan jenis kulitmu. Sabun cuci muka yang baik, biasanya tak mengeluarkan banyak busa, tapi dapat membuat kulit terasa terhidrasi, kenyal dan tidak kering setelah mencuci muka. (Ryn)

Baca juga:

Bijak Konsumsi Minuman Energi saat Perjalanan Mudik Lebaran

#Tips Kecantikan #Tips Lebaran #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan