Menjaga Kesehatan Mata Itu Gampang Kok Menjaga kesehatan mata enggak susah (Foto: Pexels/Pixabay)

ORGAN vital yang satu ini memang harus kamu jaga banget. Iya, karena fungsi mata itu kan untuk melihat. Coba kamu bayangkan bagaimana jadinya kalau kamu enggak punya mata? Pasti susah kan melakukan berbagai macam aktivitas.

Tapi, semakin berkembangnya zaman kesehatan mata kamu pun ikut terancam. Sebab ada kehadiran gawai yang membuat kamu rela menggunakannya berlama-lama. Layar gawai ini memiliki radiasi dan bisa merusak mata kamu kalau digunakan secara berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu menjaga kesehatan kamu. Enggak perlu khawatir. Menjaga kesehatan mata itu gampang kok. Seperti yang dilansir dari Go Dok, kamu bisa menjaga kesehatan mata dengan cara yang mudah ini.

1. Menjaga asupan makanan

Ada banyak makanan yang bagus untuk kesehatan mata (Foto: Pexels/mali maeder)

Kamu pasti tahunya hanya wortel yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata kamu. Padahal selain wortel masih banyak makanan yang bisa menjaga kesehatan mata. Contohnya sayur-mayur berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk atau buah-buahan sitrus lain.

Makanan-makanan tadi ada yang mengandung nutrisi seperti omega-3, lutein, zinc, serta vitamin C dan E. Selain itum, perhatikan juga berat badan kamu. Karena kalau kamu obesitas, kamu berisiko terkena diabetes. Penyakit diabetes kalau sudah parah bisa mengganggu penglihatan kamu. Bahkan bisa membuat kamu buta.

2. Melindungi mata

Istirahatkan mata dari layar komputer setiap 20 menit (Foto: Pexels/bruce mars)

Bagi kamu yang sering duduk di depan layar komputer, posisikan mata kamu sejajar dengan layar komputer. Kemudian jika mata kamu terasa kering, kedipkan mata beberapa kali. Yang paling penting juga istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan melihat pemandangan lain berjarak jauh.

Gunakanlah pelindung mata, seperti kacamata pengaman dan goggle, untuk melakukan aktivitas tertentu. Kebanyakan lensa pelindung mata terbuat dari polycarbonate, sebuah bahan yang 10 kali lebih kuat dari plastik biasa.

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo