Menjadi Cantik Tanpa Perlu Bermake-up Tebal Make up (Sumber: Pixabay/photos)

Perbedaan warna, jenis, kondisi kulit dan bentuk wajah menunjukkan keunikkannya tersendiri. Namun, terlepas dari itu semua, tampak cantik setiap saat menjadi keinginan banyak perempuan.

Hingga akhirnya tak sedikit yang melakukan eksperimen dengan produk-produk kecantikan. Sayangnya, eksperimen tersebut terkadang memicu timbulnya permasalahan kulit wajah. Paparan sinar matahari dan polusi udara semakin memperburuk keadaan.

Baca juga: Enggak Perlu 'Ngegas', Hadapi Body Shaming dengan Elegan

Masalah pada kulit wajah tidak mengenal usia, termasuk para remaja sekolah. Oleh karena itu, hindari pemakaian kosmetik yang berlebih dengan menerapkan cara sederhana seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Kamu bisa pengaplikasikan produk kecantikan di wajah, tetapi terlihat tidak seperti menggunakan kosmetik.

1. Pentingnya perawatan wajah

Penting untuk merawat wajah (Sumber: Pixabay/stevepb)
Penting untuk merawat wajah (Sumber: Pixabay/stevepb)

Pastikan kamu sudah melakukan perawatan wajah terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini penting dilakukan karena kandungan kimia dalam bahan-bahan riasan wajah bisa merusak atau memberikan dampak buruk bagi kulitmu. Perawatan wajah yang wajib kamu pakai adalah pelembab, terutama bagi pemilik kulit kering dan sensitif.

2. Ratakan warna kulit dengan alas bedak

Pakai alas bedak untuk meratakan kulit (Sumber: Pixabay/spy)
Pakai alas bedak untuk meratakan kulit (Sumber: Pixabay/spy)

Alas bedak bisa membantumu dalam menyamaratakan warna kulit dan menutupi permasalahan wajah lainnya. Pilihlah produk alas bedak yang ringan (seperti BB Cream atau CC Cream) dan mengandung tabir surya. Paparan sinar matahari ini bisa merusak kesehatan wajahmu yang menimbulkan beragam permasalahan kulit.

3. Pakai bedak bayi

Pakai bedak bayi (Sumber: Pixabay/Esty.me)
Pakai bedak bayi (Sumber: Pixabay/Esty.me)

Pemakaian bedak membantumu dalam mengurangi minyak berlebih di wajah. Hal itu karena bedak bayi ringan dan aman bagi kulit. Biasanya, pemakaian bedak bayi tidak akan menunjukkan riasan wajah yang berlebihan karena tak mengubah warna kulit.

Baca juga: Semangat Menjadi Cantik Versi Kamu Sendiri Bersama 8 Perempuan Berbakat

4. Pakai sedikit perona pipi

Pakai sedikit perona (Sumber: Pinterest/self)
Pakai sedikit perona (Sumber: Pinterest/self)

Produk perona pipi membuat wajah seperti tersipu malu. Namun, pemakaian perona pipi seringkali membuat tampilan tampak berlebihan. Jadi gunakan produk perona pipi berbentuk cair. Pilihlah produk komersil dengan warna yang cocok dengan kulit wajahmu. Oleskan sedikit demi sedikit untuk menghindari pemakaian produk yang berlebihan.

5. Rapikan alis dan bulu mata

Rapikan alis dan bulu mata (Sumber: Pinterest/real simple)
Rapikan alis dan bulu mata (Sumber: Pinterest/real simple)

Hindari pemakaian pensil alis. Pengguna pensil alis tidak disarankan bagi pelajar yang masih pemula karena bisa mencolok perhatian. Alternatif lainnya, kamu bisa jadikan petroleum jelly sebagai maskara alis. Petroleum jelly ini bisa ditemukan pada supermarket atau gerai kecantikan terdekatmu.

6. Jangan ombre bibirmu

Jangan obre bibir (Sumber: Pixabay/kaboompics)
Jangan obre bibir (Sumber: Pixabay/kaboompics)

Banyak orang yang memiliki warna bibir pucat atau gelap. Untuk mensiasatinya, kamu bisa pakai pelembab bibir sehingga memberikan warna. Namun, perlu kamu ketahui kalau melakukan teknik ombre lipstik membuatmu terlihat berlebihan, terlebih bagi yang memiliki bibir kering. Nah, kamu bisa lakukan dengan teknik lain dengan mengoleskan lip tint atau lipstik kesukaanmu di bagian luar bibir, bukan di bagian dalam.

Baca juga: Ritual Perawatan Rambut di Malam Hari Ini Buat Rambut Sehat dan Berkilau di Pagi Hari

Pastikan kamu memakai seluruh rangkaian produk dengan langkah-langkah di atas. Kalau sekolah melarang pemakaian kosmetik, lakukan perawatan wajah sesuai dengan usiamu. Jangan paksakan memakai kosmetik. Abaikan perkataan orang lain, kecantikan akan terpancarkan dari tutur kata dan perilakumu. (dys)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH