Meningkatnya Popularitas Forum Diskusi Informasi Saham

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 20 April 2021
Meningkatnya Popularitas Forum Diskusi Informasi Saham
Meningkat selama pandemi. (Foto: Unsplash/Maxim Hopman)

MERASA enggak sih kalau akhir-akhir ini, investasi saham sedang ramai dibicarakan di media sosial? Daya tarik generasi milennial dan generasi Z terhadap saham mulai berkembang karena sebagian besar menghabiskan waktu di rumah selama pandemi COVID-19. Untuk tetap mendapatkan informasi, trader memilih forum diskusi di Telegram sebagai cara yang dianggap dapat memberikan informasi dengan cepat dan mudah.

Tren trading saham yang masif di kalangan generasi muda terlihat dari berbagai diskusi trading di media sosial. Investasi tidak lagi dianggap sebagai ceruk pasar yang terbatas pada profesional di bidang finansial atau bisnis saja, tetapi sudah umum di kalangan millennial dan generasi Z.

Baca juga:

Mengenal Saham Syariah yang Ada di Indonesia

Meningkatknya Popularitas Forum Diskusi Informasi Saham
Banyak anak muda yang tertarik untuk investasi saham. (Foto: Unsplash/Adam Nowakowski)

Selain itu, banyak juga figur publik yang mengikuti tren ini aktif membicarakan trading saham di platform media sosial mereka, yang semakin memeperluas tren ini.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan pertumbuhan investor berusia 25 tahun ke bawah terbesar dalam tiga tahun terakhir. Per Januari 2021, 50,7 persen dari jumlah investor baru berasal dari segmen berusia 18 hingga 25 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa generasi milenial dan generasi Z telah memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan investor ritel Indonesia yang saat ini mencapai 3,8 juta orang.

Perkembangan ini sangat kontras dibandingkan empat tahun lalu, ketika jumlah investor kurang dari satu juta.

Baca juga:

Hati-Hati Bermain Saham

Meningkatknya Popularitas Forum Diskusi Informasi Saham
Membuat beberapa forum diskusi saham meningkat. (Foto: Unsplash/Austin Distel)

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, perdagangan saham memang bisa menghasilkan return yang lebih tinggi. Namun selain kelebihannya, perdagangan saham juga mengandung risiko yang tinggi pula. Alhasil, trader pemula beralih ke internet dan rekan-rekan sesama trader untuk mempelajari lebih lanjut tentang seluk beluk transaksi saham.

Karena himbauan #dirumahaja, forum diskusi di berbagai media digital dipilih sebagai salah satu sumber informasi. Di antaranya adalah Telegram, aplikasi pesan instan yang diminati oleh trader sebagai sumber utama untuk mendapatkan informasi pergerakan saham. Para traders menggunakan fitur Group dan Channel untuk berkomunikasi satu sama lain, bertukar informasi, atau sekadar menceritakan perjalanan trading mereka. (and)

Baca juga:

Bermain Saham dan Bagaimana Cara Mengakali Resikonya

#Harga Saham #Indeks Saham #Saham Syariah #Pergerakan Saham
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan