Edukasi

Meningkatkan Kapabilitas Guru lewat Kerja Sama Inggris Raya-Indonesia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 10 November 2023
Meningkatkan Kapabilitas Guru lewat Kerja Sama Inggris Raya-Indonesia
Para penerima GGP Teacher Training Grant. (Foto: British Council)

ORGANISASI internasional Inggris untuk hubungan budaya dan peluang pendidikan British Council Indonesia menggelar kerja sama Inggris Raya-Indonesia dalam sektor pendidikan dan bahasa Inggris. Hal itu dilakukan dalam rangka memeringati Hari Guru Nasional.

Kerja sama tersebut mencakup Going Global Partnerships (GGP) Teacher Training Grant dan UK-ID English Digital Innovation Grant. Hasil program kerja sama antara universitas dan badan pendidikan di Indonesia dan Inggris Raya ini diserahkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia.

Baca juga:

75 Tahun British Council di Indonesia, Luncurkan Program Altermatter

Meningkatkan Kapabilitas Guru lewat Kerja Sama Inggris Raya-Indonesia
Country Director of British Council Indonesia Summer Xia. (Foto: British Council)


GGP Teacher Training Grant menunjukkan kinerja British Council di sektor pendidikan dengan fokus pada peningkatan pelatihan bagi calon guru dalam lingkungan pendidikan inklusif. Sedangkan UK-ID English Digital Innovation Grant, merepresentasikan kinerja British Council di sektor Bahasa Inggris, dengan fokus meningkatkan sumber daya perkembangan profesional yang inovatif untuk guru Bahasa Inggris di Indonesia.

"Hubungan kami dibangun di atas dasar nilai dan kepentingan bersama, termasuk demokrasi, hak asasi manusia, dan aturan hukum. Kami juga berkomitmen bekerja sama untuk mengatasi tantangan global di zaman kita, dan saya yakin bahwa masa depan hubungan Inggris-Indonesia cerah," kata Duta Besar Inggris untunk Republik Indonesia Dominic Jermey, dalam keterangan pers yang diterima Merahputih.com.

Proyek-proyek ini memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia. Oleh karena itu, British Council Indonesia merasa penting untuk menampilkan hasil dari kedua proyek tersebut melalui penyerahan simbolis kepada Kemendikbudristek Indonesia.

Baca juga:

British Council dan Kamibijak Upayakan Media Yang Lebih Inklusif

Meningkatkan Kapabilitas Guru lewat Kerja Sama Inggris Raya-Indonesia
Dominic Jermey. (Foto: British Council)

Penyerahan simbolis ini juga memberikan kesempatan untuk memperkuat kerja sama antara British Council dan Kemendikbudristek dalam komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Setiap anak, terlepas dari latar belakang atau situasi mereka, harus memiliki akses ke pendidikan berkualitas tinggi yang mempersiapkan mereka untuk sukses di abad ke-21," kata Country Director Indonesia & Director South East Asia of British Council Summer Xia.

British Council Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sektor pendidikan di Indonesia. Hal ini juga dibuktikan melalui berbagai program pendidikan lain yang ditawarkan sebagai penyedia pengajaran dan ujian bahasa Inggris di Indonesia, seperti pelatihan guru dan kursus pengembangan profesional. (and)

Baca juga:

'Suara Harmoni Kalimantan' Hibur Penikmat Seni di Galeri Indonesia Kaya

#Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan