Meninggalkan Cucian Piring Semalaman, Apakah Berbahaya? Ada efek negatif jika meninggalkan bak cuci kotor semalaman. (foto: pixabay/free-photos)

MESKI sulit dikerjakan, mencuci piring dapat menjadi kegiatan yang malas dikerjakan apalagi pada malam hari ketika sudah letih bekerja.

Ada dua jenis orang, mereka yang menyukai kebersihan dan tidak tahan untuk melihat tumpukan piring kotor, dan juga mereka yang malas mencuci piring sebelum tidur dan membiarkannya sampai besok untuk dicuci. Jika kamu jenis yang pertama, kamu serupa dengan Gwyneth Paltrow. "Aku tidak bisa tidur pada malam hari jika ada cucian piring kotor di bak cuci," katanya.

Namun jika kamu jenis orang yang kedua, kamu harus tahu bahayanta meninggalkan cucian kotor semalaman. Yuk, intip penjelasan dari ahli keamanan pangan!

1. Penggunaan dishwasher

dishwasher
Tak masalah meninggalkan piring kotor di dishwasher. (foto: pixabay/congerdesign)

Menurut Lisa Ackerley, seorang ahli kemanan pangan, mengatakan bahwa bakteri yang ada pada piring-piring kotor akan berkembang biak dalam semalam. Meskipun begitu, jika kamu menggunakan dishwasher, tidak akan masalah jika kamu membersihkan piring-piring kotor tersebut keesokan harinya.

2. Tidak menggunakan dishwasher

sink
Gunakan air panas untuk menghilangkan minyak. (foto: pixabay/reith)

Jika kamu tidak memiliki dishwasher dan mencuci piring mengggunakan tangan, sebaiknya gunakan air bertemperatur tinggi untuk agar semakin mudah menghilangkan minyak yang menempel pada cucian dan sebisa mungkin segeralah mencuci piring-piringmu tanpa dibiarkan semalaman.

3. Apakah menjadi terlalu bersih itu berbahaya?

sink
Menjadi terlalu bersih juga enggak baik. (foto: pixabay/onlynoodle)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pediatrics.aapublications.org di Swedia pada 2015 lalu, disimpulkan bahwa anak-anak yang dibesarkan di keluarga yang mencuci piring dengan tangan tanpa dishwasher biasanya berkemungkinan kecil untuk memiliki alergi karena mereka lebih sering terpapar berbagai macam mikroba. Menjadi terlalu bersih juga membuatmu harus lebih berhati-hati. Ackerley mengatakan bahwa kita mengurangi resiko terkena infeksi sementara membiarkan mikrobiom (komunitas bakteri tubuh) untuk menjadi sehat.


4. Segera cuci jika cucian digunakan untuk menyiapkan daging mentah

dishes
Segera cuci alat masak yang bersentuhan dengan bahan mentah. (foto: pixabay/RitaE)

Terdapat pengecualian utama terhadap alat makan yang digunakan untuk menyiapkan daging mentah. Jika kamu menggunakan talenan dan pisau untuk menyiapkan daging mentah, terutama ayam, sebaiknya kamu langsung mencucinya. Ini disebabkan daging mentah, terutama ayam, beresiko tinggi untuk terkontaminasi campylobacter yang menjadi penyebab umum keracunan makanan. Jika tidak memiliki dishwasher, kamu bisa menggunakan sabun pembersih antibakteri.(shn)



Dwi Astarini