Musik
Menimbang Peluang BTS Menang di Grammy Awards Melihat peluang BTS menangi Grammy Awards 2022. (Foto Twitter@BTS_bighit)

LAMPU sorot bersinar mengarah ke tujuh laki-laki dari Korea Selatan yang berdiri di tengah panggung SoFi Stadium. Lautan cahaya warna-warni dari lightstick Army Bomb menambah keindahan malam itu. Tujuh personel BTS menyiapkan kata-kata terakhir mereka sebelum memberikan persembahan lagu penutup kepada penggemar.

Setelah puas mengungkapkan cinta dan terima kasih, mereka berjoget bersama membawakan lagu Permission to Dance sebelum dikejutkan dengan kehadiran Chris Martin. Ternyata rangkaian konser Permission to Dance on Stage di Los Angeles itu ditutup dengan lagu My Universe. Lagu itu nenggambarkan ungkapan perasaan BTS mengenai para 'tentara' mereka. Setelahnya, semua membungkukkan badan mengucapkan terima kasih dan menghilang di balik layar.

BACA JUGA:

Istimewa, Momen-Momen di Konser Perdana BTS Permission to Dance on Stage

Seakan belum cukup, kejutan berikutnya hadir dalam bentuk tulisan di layar. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook akan kembali manggung di Seoul pada Maret 2022. Amat mungkin, itu akan jadi pembuka tur dunia yang sudah lama dinanti ARMY sejak pandemi melanda semua hal.

Entah kabar tersebut betul atau tidak, setidaknya ARMY sudah cukup puas dengan harapan bahwa idola favorit mereka akan mengguncang banyak panggung lagi. Tur dunia pasti menjadi satu dari dua hadiah luar biasa yang penggemar harapkan terjadi pada BTS di 2022. Kado lainnya ialah menanti pengumuman pemenang Grammy Awards tahun depan.

Pada Rabu (24/11), Recording Academy mengumumkan daftar nominasi Grammy 2022. Seperti dugaan, grup besutan HYBE Labels itu kembali menorehkan nama mereka dalam kategori best pop duo/group performance. Lagu Butter akan bersaing dengan Higher Power (Coldplay), Kiss Me More (Doja Cat ft. SZA), I Get a Kick Out of You (Tony Bennett dan Lady Gaga), serta Lonely (Justin Bieber dan Benny Blanco).

Kembali ke Agustus 2021, saat itu, jurnalis musik Hugh Mcintyre dalam artikel Forbes mengatakan amat mungkin Butter memiliki peluang yang lebih tinggi ketimbang Dynamite. Pasalnya, pelantun Life Goes On itu benar-benar membuat mendominasi industri musik di 2021. Sepanjang tahun ini saja, mereka sudah mendapatkan tiga nomor satu di Billboard Hot 100. Tak hanya itu, hampir semua tangga lagu dari berbagai platform juga didominasi BTS. Wajah, suara, dan tarian mereka menghiasi berbagai acara musik ternama. Itu masih ditambah dengan kolaborasi-kolaborasi apik dengan musisi besar, seperti Megan Thee Stallion dan Coldplay. Setiap lagu yang dirilis juga menjebol berbagai penghargaan. Pencapian terbaru, ketujuh musisi asal Korea Selatan itu sukses menjadi artist of the year dalam acara penghargaan musik Amerika Serikat.

Jadi nominasi pop duo/group performance sudah didapatkan. Sayang, kategori lain tak berhasil lolos. Hal yang jadi pertanyaan ialah apakah BTS bisa menang piala Grammy untuk pertama kalinya?

Jika melihat berbagai prestasi dan sejarah yang dicetak BTS, seharusnya jawabannya iya. Mereka telah membuktikan diri pantas mengangkat trofi penghargaan dan menyampaikan pidato terima kasih. Namun, sebagaimana mereka tidak mendapat nominasi untuk kategori empat besar, fan sangsi BTS akan membawa pulang penghargaan.

Mcintyre ragu setelah melihat rekam jejak Grammy Awards selama ini. Ambil contoh, penghinaan yang dilakukan Recording Academy untuk Blinding Lights milik The Weeknd pada pergelaran terakhir. Ternyata lagu hit yang menghabiskan puluhan minggu di tangga lagu Billboard Hot 100 belum tentu sesuai dengan kriteria juri. Apalagi BTS bukan favorit Grammy. Selama ini, genre pop dianggap kurang serius jika dibandingkan dengan jenis musik lain, terutama yang berasal dari grup vokal termasuk boy band dan girl band. Lihat saja Little Mix, Fifth Harmony, atau One Direction. Tak ada yang menjebol--bahkan untuk nominasi--ajang penghargaan bergengsi itu.

Entah mengapa, ada sentimen khusus terhadap person of color di ajang itu. Artis kulit hitam terakhir yang memenangi album of the year ialah Herbie Hancock pada 2008. Pada 2017, Adele memperoleh semua penghargaan besar mengalahkan album Lemonade milik Beyonce. Itu hanya salah satu dari sekian hal lain yang membuat penggemar tak yakin BTS bisa mememangi GRAMMY tahun ini.

Lantas mengapa BTS bisa masuk nominasi? Alasannya tak lain dan tak bukan ialah untuk memanfaatkan popularitas grup tersebut. INF News berpendapat Grammy hanya menggunakan BTS untuk rating. Recording Academy mengumumkan pada Grammy 2021, preview kategori pop duo/group performance menunjukkan traffic tertinggi yang pernah tercatat. Namun, mereka tidak menyebutkan bahwa ketika BTS kalah, rating langsung turun 50 persen. Selain itu, partisipasi media sosial mereka juga sangat tinggi. Ada empat juta pengguna yang membahas BTS, tapi kalau mengecualikan konten apapun yang bukan BTS, jumlahnya turun jadi 1,5 juta.

Dengan melihat hal tersebut, fan menduga kemenangan BTS di GRAMMY mungkin hanya sampai pada nomine pertama dari Korea Selatan. Sementara itu untuk piala, BTS mungkin masih harus menyesuaikan dengan standar GRAMMY. Pilihan lainnya, pihak Grammy yang justru harus membuka peluang lebih besar dan melihat potensi BTS(sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Siap-Siap, NCT Dream hingga Para ‘Rookie’ akan Comeback
ShowBiz
Siap-Siap, NCT Dream hingga Para ‘Rookie’ akan Comeback

Mereka akan hadir dengan album dan single terbaru.

Seberapa Banyak Uang yang Dibutuhkan Untuk Membuatmu Bahagia?
Fun
Seberapa Banyak Uang yang Dibutuhkan Untuk Membuatmu Bahagia?

Studi menunjukkan bahwa semakin banyak uang, semakin bahagia.

Jennie BLACKPINK Tampil Ikonik dengan Busana Serba Merah Pada Paris Fashion Week 2021
Fashion
Jennie BLACKPINK Tampil Ikonik dengan Busana Serba Merah Pada Paris Fashion Week 2021

Ada juga tampilannya di bandara yang tidak kalah memukau

Berapa Lama Sih Umur Kue Kering Lebaran?
Fun
Berapa Lama Sih Umur Kue Kering Lebaran?

Apakah kue kering dapat bertahan lama?

Meta Platform Punya Banyak Saingan di Jagat Metaverse
Fun
Meta Platform Punya Banyak Saingan di Jagat Metaverse

Meta Platform bukan satu-satunya pemain besar di jagat metaverse.

IKEA Malaysia Luncurkan Merchandise Edisi Terbatas
Fashion
IKEA Malaysia Luncurkan Merchandise Edisi Terbatas

Koleksi yang ditawarkan dari brand terbarunya itu meliputi kaos, hoodies, handuk mandi, botol air, dan lainnya.

Kolaborasi IMI dan Ancol Beach City Gairahkan Wisata Otomotif
Fun
Kolaborasi IMI dan Ancol Beach City Gairahkan Wisata Otomotif

Ancol Beach City merupakan lahan yang strategis untuk kemajuan dunia otomotif.

Djakarta Warehouse Project 2021 Umumkan Penampil Fase Pertama
ShowBiz
Djakarta Warehouse Project 2021 Umumkan Penampil Fase Pertama

Djakarta Warehouse Project digelar virtual untuk kedua kalinya.

Iri Bilang Bos! Ini Gaya Tongkrongan 'Dedek-Dedek' Vespa Matic
Fun
Iri Bilang Bos! Ini Gaya Tongkrongan 'Dedek-Dedek' Vespa Matic

"Iri bilang bos!" jadi kalimat sakti andalan dedek-dedek ini kalo ada yang mengomentari atau menasehati mereka.

'Chucky' akan Kembali Menebar Teror di Season Kedua
ShowBiz
'Chucky' akan Kembali Menebar Teror di Season Kedua

Season kedua serial Chucky akan hadir di 2022.