Menilik Kesiapan Pertamina Pasok Avtur Selama Masa Haji

Thomas KukuhThomas Kukuh - Sabtu, 29 Juli 2017
Menilik Kesiapan Pertamina Pasok Avtur Selama Masa Haji
Petugas melakukan pengisian bahan bakar pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (28/7). Untuk melayani kebutuhan avtur keberangkatan jamaah calon haji melalui Bandara Adi Soemarm

MerahPutih.com - Pertamina Region (MOR) VI Kalimantan menunjukkan kesiapannya untuk mendukung terselenggaranya pelaksaan haji. Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina siap memasok 2.347 kilo liter avtur untuk bahan bakar pesawat angkutan penerbangan haji dari Bandara Sepinggan di Balikpapan tahun 2017 ini.

GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan Yanuar Budi Hartanto mengatakan, pasokan tersebut meningkat 131 persen dari tahun lali. Menerutnya, tahun 2016 lalu Pertamina memasok 1.017 kilo liter.

“Jumlah bahan bakar itu untuk pergi dan pulang dari Tanah Suci,” kata Budi di Balikpapan, Sabtu.

Diketahui, jamaah calon haji Kalimantan Timur mulai dilepas keberangkatannya pada Sabtu (29/7). Balikpapan menjadi embarkasi keberangkatan untuk jamaah calon haji asal Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah. Seluruhnya akan ada 13 kelompok terbang (kloter).

Untuk keberangkatan ke Jeddah, Saudi Arabia, Pertamina menyediakan 595 kilo liter avtur dan untuk kepulangan kembali ke Balikpapan 1.752 kilo liter avtur. Penerbangan menggunakan pesawat Boeing 747 yang berkapasitas 455 tempat duduk.

Di luar penerbangan haji atau penerbangan komersial biasa reguler. “Setiap hari kami pasok 380 kilo liter avtur. Pada musim haji ini menjadi 426 kilol liter per hari pada keberangkatan dan saat kepulangan nanti 515 kilo liter per hari,” kata Humas Pertamina Alice Irzanova.

DPPU Sepinggan memiliki 6 unit pengisian dengan kapasitas total 195 kilo liter, atau 3 unit pengisi berkapasitas 40 kilo liter dan unit 25 kilo liter.

Ada 20 maskapai penerbangan komersial dan non komersial, termasuk penerbangan militer TNI AU yang dilayani Pertamina di Bandara Sepinggan. Maskapai tersebut antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya, Batik Air, Wings Air, Kalstar Aviation, Tri MG, Hevlift, Nusantara Air Charter, Airborn, TNI AU, Ditjen Hubud, dan lain-lain. (*)

Sumber: Antara

#Pertamina #Calon Haji
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan