Menilik Bursa Transfer Musim Panas Premier League, Pemain Impor Catat Rekor Allison Becker. Foto: Liverpool FC

MerahPutih.com - Bursa transfer musim panas untuk Premier League sudah ditutup. Terjadi penurunan nilai transaksi jika dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Menurut angka yang dirilis Deloitte, jumlah uang yang dikeluarkan klub Premier League pada bursa musim panas ini mengalami penurunan 200 juta pound atau sekitar Rp 3,7 triliun dibandingkan tahun lalu.

Bahkan untuk pengeluaran di hari terakhir jendela transfer, pada musim panas ini hanya sekitar separuhnya dari tahun lalu. Yaitu hanya 110 juta pound dari sebelumnya 210 juta pound.

Allison Becker. Foto: Liverpool FC

Yang menarik, untuk musim panas ini, Premier League justru mencatat rekor pengeluaran tertinggi khusus dalam mendatangkan pemain luar Inggris. Untuk kategori ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

Untuk musim panas ini klub-klub Premier League menggelontorkan 880 juta pound untuk pemain asing. Sedangkan tahun sebelumnya hanya 770 juta pound. Ini artinya 72 persen dana yang dikeluarkan klub-klub Premier League lari ke luar negeri. Sedang pada musim sebelumnya hanya 54 persen.

"Pengeluaran besar klub-klub Premier League terus memperlihatkan besarnya kekuatan daya beli dari kompetisi yang secara komersial paling sukses di dunia,"ujar Tim Bridge, direktur bagian bisnis olahraga firma Deloitte dikutip BBC.

Striker Manchester United, Fred. Foto: Skysports

Pada bursa transfer kali ini, Liverpool menjadi klub dengan pengeluaran terbesar dengan 165 juta pound. Di belakang Liverpool ada Chelsea dengan 120 juta pound. Yang menarik, Fulham dan Leicester City menempel ketat dengan masing-masing mengeluarkan 105 juta dan 100 juta pound. (*/Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH