Menikmati ToBrew di Roma untuk Cita Rasa Kopi Terbaik Pilihan ngopi yang asyik di Kota Roma, Italia. (Foto: Javaroma Bottega del Caffe)

KALAU berniat liburan akhir tahun berkunjung ke Roma, Italia, kamu akan dihadapkan pada begitu banyak pilihan kedai kopi yang menawarkan espresso, café latte, cappuccino dan berbagai variasi lainnya. Tetapi bagi mereka yang tanpa sengaja atau memang telah menjadi coffee connoisseur, suatu hal yang wajar bila menginginkan kopi dari biji tertentu yang diseduh secara baik.

Kabar baik datang dari Roma, tepatnya dari kedai kopi Javaroma Bottega del Caffe. Lokasi tepatnya ada di Via XX Settembre 26D, tak jauh dari stasiun Roma Termini. Sangat mudah menemukan jalan ini karena berada di wilayah pemerintah, seperti gedung-gedung Kementrian Pertahanan, Perdagangan dan Keuangan.


1. Mengerti selera masing-masing orang yang menginginkan kopinya diracik dan diseduh sendiri

Javaroma Bottega del Caffe
Javaroma menawarkan pilihan ToBrew di samping espresso. (Foto: Javaroma Bottega del Caffe)

Javaroma Bottega del Caffe adalah kedai kopi third-wave yang mengerti bahwa tiap orang memiliki selera minum kopinya sendiri-sendiri. Semua peminum kopi memiliki favoritnya masing-masing, dan Javaroma telah mantap untuk memenuhi keinginan yang berbeda-beda ini.

Jadi tak seperti kebanyakan kedai kopi di Roma yang hanya menyajikan minuman kopi berbasis espresso, Javaroma menawarkan pilihan ToBrew di samping espresso dan berbagai variannya.


2. Bagaimana memilih cara seduh kopi tergantung pada seperti apa kopi yang kita sukai

Javaroma Bottega del Caffe
Ada sangat banyak pilihan cara menyeduh kopi untuk menghasilkan minuman kopi yang nikmat. (Foto: Javaroma Bottega del Caffe)

ToBrew adalah konsep yang dikembangkan Javaroma sebagai anggota Specialty Coffee Association (SCA) Italia. Konsep ini memungkinkan kopi diseduh dengan cara manual, baik dengan metode pour over atau French press.

Menurut Coffee Community, ada sangat banyak pilihan cara menyeduh kopi untuk menghasilkan minuman kopi yang nikmat. John Giuliano, penikmat kopi dan penulis blog Brewing Coffee Manually, mengatakan bahwa bagaimana memilih cara seduh kopi tergantung pada seperti apa kopi yang kita sukai.

Mereka yang menyukai kopi full-bodied dan sedikit bubuk kopi halus, bisa mencoba metode French press atau apa pun yang menggunakan corong filter metal. Sedangkan bagi mereka yang menyukai kopi yang lebih ‘halus’ (tanpa banyak sisa bubuk kopi) tetapi memuaskan, bisa memilih metode seduh pour-over yang menggunakan filter serta filter holder. Metode ini memungkinkan barista untuk mengatur tingkat keasaman (acidity) dan ketebalan ‘body’ kopi. Lain lagi dengan penggemar kopi yang lebih jernih tetapi rasanya intens, yang bisa memilih cara seduh Aeropress dengan microfilter.

3. Pengalaman menikmati kopi yang diseduh secara manual ini memiliki kemewahan tersendiri

Javaroma Bottega del Caffe
Javaroma bertekad hanya menyajikan kopi berkualitas bagi pelanggannya. (Foto: Javaroma Bottega del Caffe)


Bagi para penikmat kopi manual brewing, pengalaman menikmati kopi yang diseduh secara manual ini memiliki kemewahan tersendiri, karena umumnya kopi harus dibuat dengan lebih teliti dan hasilnya hanya untuk satu atau dua porsi sehingga terasa eksklusif.

Bergerak dari ‘passion’ terhadap kebaikan kopi, apakah kopi khas Italia, espresso ataupun pilihan ToBrew, Javaroma bertekad hanya menyajikan kopi berkualitas bagi pelanggannya.

“Javaroma Bottega del caffe adalah tempat penikmat kopi mendapatkan cita rasa yang disukainya. Javaroma bergerak dari kecintaan akan kebaikan kopi sehingga bertekad hanya menyajikan kopi berkualitas bagi pelanggannya,” kata Alessio.


4. Specialty coffee bercita rasa mantap karena diseduh secara khusus

Javaroma Bottega del Caffe
Konsep ToBrew yang pertama di Roma. (Foto: Javaroma Bottega del Caffe)

Kedai kopi Javaroma Bottega del Caffe, menerapkan konsep ToBrew yang pertama di Roma, untuk memberikan sajian kopi specialty berkualitas tinggi bagi pelanggannya.

“Kami punya espresso dan minuman kopi lainnya yang diracik dengan gaya Italia, tapi kami pun menawarkan specialty coffee yang bisa diseduh secara manual,” ungkap Alessio, “Dengan konsep ToBrew di Javaroma Bottega del caffe, kopi bisa dibuat dengan metode pour over atau French press, sehingga didapat minuman kopi yang berkualitas dengan rasa yang sesuai dengan selera.”

Apa pun kopi yang ingin Anda minum saat sedang berada di Roma, Javaroma Bottega del caffe adalah tempat yang tepat untuk mendapatkannya. Dari espresso hingga specialty coffee bercita rasa mantap karena diseduh secara khusus, ada di Javaroma.

“Karena kami percaya bahwa kebaikan berawal dari kopi yang berkualitas,” kata Alessio. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH