Seni

Menikmati Sanggar Wayang Golek Gending Pusaka Putra Kota Bandung

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 27 November 2023
Menikmati Sanggar Wayang Golek Gending Pusaka Putra Kota Bandung
Sanggar Wayang Golek Gending Pusaka Putra Kota Bandung mempersiapkan lomba Binojakrama Padalangan Wayang di tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.(foto: dok Humas Bandung)

GAMELAN mengalun di lingkungan sanggar Seni Gending Pusaka Putra, Rabu (22/11) sore. Anggota sanggar yang dipimpin dalang Ki Asep Aceng Amung itu berlatih mempersiapkan lomba Binojakrama Padalangan Wayang di tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Grup Padalangan dengan nama Gending Pusaka Putra yang didalangi Ki Asep Aceng Amung ini menjadi perwakilan Kota Bandung di Binojakrama Padalangan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

BACA JUGA:

Berharap Film 'Cita-Cita Bunda' Cegah Stunting

"Saat ini kami berlatih persiapan Binojakrama Padalangan Wayang tingkat Provinsi," kata Asep Aceng Amung. Saat ditemui, Asep berbagi cerita perjalanan grup padalangannya bisa menjadi perwakilan Kota Bandung.

"Kami menjadi perwakilan Kota Bandung bukan semata-mata beruntung, tetapi dengan usaha. Sebelumnya, pada 2022, telah menjadi juara di tingkat Kota Bandung," jelasnya. Sebelumnya, pada 2014 Grup Padalangan Gending Pusaka Putra pernah menorehkan prestasi sebagai runner-up di tingkat Provinsi Jawa Barat dan Juara 1 di tingat Kota Bandung.

sanggar wayang Golek Gending
Bersiap untuk Binojakrama Padalangan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.(foto: dok Humas Bandung)

Untuk menghadapi Binojakrama Padalangan Wayang tingkat Jabar, Asep mengaku berlatih di setiap akhir pekan. "Kami melakukan persiapan hampir setiap akhir pekan. Dari Jumat, Sabtu, sampai Minggu," jelasnya.

Untuk itu, Asep Aceng Amung mengajak masyarakat Kota Bandung untuk menyaksikan Binojakrama Padalangan Wayang di Komplek Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung, pada 27-28 November 2023.

Asep juga berpesan kepada generasi Z dan Milennial untuk menjaga dan melestarikan budaya pawayangan dan seni budaya lainnya. "Semua itu merupakan identitas masyarakat Indonesia," tegasnya.(Imanha/Jawa Barat)

BACA JUGA:

Karya Maestro Jeihan Dipamerkan di Grey Art Gallery Braga

#Travel #Wayang
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan