Seni

Menikmati Pameran Seni Luar Ruangan di Jakarta Art Gardens

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 07 Februari 2023
Menikmati Pameran Seni Luar Ruangan di Jakarta Art Gardens
Terdapat total 22 instalasi seni di dalam dan luar ruangan. (Foto: MP/Febrian Adi)

SUARA puluhan instrumen klasik menyambut para pengunjung di pembukaan pameran Jakarta Art Gardens 2023 dalam ruangan kaca di tengah Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta pada Selasa (7/2). Musik dimainkan oleh TRUST Orchestra dengan merdu dan indah. Pembuka yang pas untuk menikmati tiap karya seni rupa yang dipajang di ruang terbuka.

“Jakarta Gardens tahun ini mencerminkan pembelajaran penting dari pandemi. Dengan hadirnya ajang seni rupa di Hutan Kota ini, kita dapat kembali melihat bagaimana seni dan alam berjalan berdampingan: tidak ada ekosistem seni yang sehat tanpa ekosistem alam yang sehat,” ungkap Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid dalam sambutan pembukaan Jakarta Art Gardens 2023.

Artistic Director Enin Supriyanto, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilman Fardi, CEO MRA Media Maulana Indraguna Sutowo, CEO & Co Founder of Plataran Indonesia Yozua Makes, dan CEO & Co Founder Bibit.id Sigit Kouwagam mendatangani poster Jakarta Art Gardens sebagai simbol pembukaan pameran ini.

Baca juga:

Healing ke Pameran Seni

jakarta art gardens
Jakarta Art Gardens resmi digelar mulai 7-12 Februari 2023. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

Ketika mulai melangkahkan kaki ke area Hutan Kota by Plataran, kamu akan merasakan pengalaman berbeda dengan kombinasi presentasi karya seni rupa patung, instalasi, dan objek dua dimensi digelar di dalam dan luar ruang. Begitu memanjakan mata.

Gelaran kedua pameran seni di dalam dan luar ruangan tersebut hadir kembali untuk merespons sambutan positif dari gelaran tahun lalu. Jumlah kunjungannya terbilang cukup tinggi untuk pameran seni, sebanyak 9,689 pengunjung.

Digelar sejak 7-12 Februari 2023 pameran ini menjadi ruang menuangkan gagasan bagi para seniman/pematung di Indonesia untuk khalayak umum.

Art Jakarta Gardens selalu mendukung karya-karya, baik seniman baru maupun seniman yang telah mapan, sekaligus menghidupkan kancah seni rupa lokal. Selain itu, seni memiliki peran untuk mendorong dialog terbuka, dengan menantang modus persepsi yang konvensional.

Baca juga:

Pameran Seni 'Constellation: Global Reflections' Hadirkan Lebih dari 20 Seniman dari Perwakilan G20

jakarta art gardens
Harga tiket masuk Jakarta Art Gardens 2023 senilai Rp 150 ribu. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

“Dengan berkolaborasi bersama Art Jakarta Gardens, kami menantikan untuk dapat menampilkan seniman Indonesia yang penuh bakat dan menjanjikan demi menginspirasi dan terlibat dengan audiens yang lebih luas lagi,” Jelas Enin Supriyanto.

Selama pameran berlangsung, pengunjung dapat menjelajahi kombinasi presentasi karya seni rupa dalam dan luar ruang dalam bentuk patung, instalasi, dan objek dua dimensi.

Sebuah segmen khusus, Taman Patung, akan menampilkan patung luar ruangan oleh seniman seperti Adi Gunawan, Ashley Bickerton, Nyoman Nuarta, Richard Winkler, Sinta Tantra, dan Yim Yen Sum. Dengan dukungan base dari TACO, yang terbuat dari PVC dan HPL berkualitas, karya-karya ini akan kokoh berdiri dalam segala cuaca.

Sementara itu, area pameran dalam ruangan akan terdiri atas dua tenda khusus yang disediakan bagi 22 galeri ternama di Indonesia sebagai persembahan khusus untuk pengunjung.

Jakarta Art Gardens diselenggarakan sejak 7-12 Februari 2023 mulai pukul 13.00-21.00 WIB (Senin-Jumat) dan 11.00-21.00 WIB (Sabtu-Minggu) dengan tiket masuk seharga Rp 150 ribu yang bisa didapatkan melalui Tix.id. (far)

Baca juga:

Pameran Seni 'Constellations: Global Reflections' Bali Resmi Dibuka

#Pameran Seni #Seni Rupa
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan