Kesehatan
Menikmati Manfaat Cangkang Telur Cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk nutrisi. (foto: unsplash/enrico mantegazza)

JIKA dibandingkan sumber protein hewani lainnya, telur terbilang cukup murah dan mudah didapat. Jadi tak mengherankan jika telur jadi menu yang akrab bagi semua orang. Telur bisa jadi menu sarapan sehat yang mengenyangkan. Enggak cuma isi telur yang bergizi. Ternyata cangkang telur juga punya banyak manfaat.

Apa iya?

Cangkang telur yang keras terbuat dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:

Vaksin COVID-19 Pfizer Disetujui untuk Digunakan di Inggris

Satu cangkang telur mengandung sekitar 40% kalsium. Setengah dari kulit telur saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Selain kalsium, kulit telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua zat gizi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Seperti dilansir Hellosehat, dengan segala kandungan nutrisi tersebut, cangkang telur punya berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

1. Memenuhi kebutuhan kalsium harian

egg
Kalsiumnya lebih mudah diserap tubuh. (foto: pixabay/congerdesign)

Kandungan kalsium yang ada pada kulit telur lebih cepat diserap tubuh daripada suplemen kalsium yang ada di pasaran. Hal itu dibuktikan penelitian pada tikus dan babi.

Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium dibutuhkan untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami yang menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan perdarahan ketika kita terluka.

2. Mengurangi risiko osteoporosis

olahraga
Lebih efektif ketimbang suplemen kalsium. (foto: pixabay/keifit)

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang dapat meningkatkan risiko patah tulang. Osteoporosis umum tampak pada usia lanjut, tapi awal perkembangannya bisa dimulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang itu pada umumnya disebabkan kurangnya asupan kalsium dalam menu makanan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kalsium alami pun mulai menurun.

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause menemukan bahwa bubuk cangkang telur dapat memperkuat tulang yang mengalami osteoporosis. Dalam tubuh, cangkang telur bekerja mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Studi yang sama juga melaporkan bahwa bubuk cangkang telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada suplemen kalsium.

3. Menjaga kesehatan persendian

man
Mengandung kolagen. (foto: pixabay/lukaszdylka)

Jika kamu intip bagian dalam cangkang telur, kamu akan menemukan selaput transparan tipis yang melapisi dindingnya. Kamu juga dapat melihatnya lebih jelas saat mengupas telur rebus. Selaput itu biasanya menempel pada bagian dalam kulit telur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran cangkang telur dapat menjaga kesehatan persendianmu. Pasalnya, selaput kulit telur terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), dan glukosamin.

Kolagen dilaporkan bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rematik. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen kulit telur benar-benar efektif untuk mengatasi keluhan tersebut.

Yuk, olah kulit telur dengan cara ini

Untuk memetik manfaat dari cangkang telur, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah. Pertama-tama, cuci bersih cangkangnya dan rebus selama beberapa menit untuk mematikan bakteri dan zat asing yang menempel (termasuk timbal, aluminium, kadmium, dan merkuri).

Setelah itu, tumbuk atau blender cangkang telur sampai menjadi serbuk. Pastikan untuk menggilingnya sampai benar-benar halus. Bagian pinggiran kulit telur yang cenderung tajam bisa melukai tenggorok atau kerongkonganmu bila ditelan utuh. Kamu bisa menambahkan bubuk kulit telur itu pada makanan atau mencampurnya dengan minuman.(dwi)

Jus dan Smooties, Lebih Sehat Mana?
Fun
Cara Mengatasi Gondongan pada Anak
Fun
Jus dan Smooties, Lebih Sehat Mana?
Fun
Cara Mengatasi Gondongan pada Anak
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fantastisnya Tarif Endorsement Song Hye-kyo di Instagram
ShowBiz
Fantastisnya Tarif Endorsement Song Hye-kyo di Instagram

Tingginya tarif Song Hye kyo sekali posting.

Konser Avril Lavigne di Asia Tenggara Kembali Tertunda
ShowBiz
Konser Avril Lavigne di Asia Tenggara Kembali Tertunda

Penundaan konser Avril Lavigne diumumkan langsung oleh promotor.

Tak Ada Tiang Gawang, Sandal Pun Jadi
Fun
Tak Ada Tiang Gawang, Sandal Pun Jadi

bagaimana bermain sepak bola bola dipantai sementara tidak ada gawangnya? Hal itu bukan menjadi soal bagi anak-anak generasi 90-an

'Das Kapital', Kolaborasi Teranyar Joe Million x Indra Menus
ShowBiz
'Das Kapital', Kolaborasi Teranyar Joe Million x Indra Menus

Dua talenta musik lokal kembali dengan materi terbaru berupa video lirik dari lagu baru berjudul Das Kapital.

Powerslaves Rilis Lagu 'You Got Me'
ShowBiz
Powerslaves Rilis Lagu 'You Got Me'

GRUP band Rock Legendaris Powerslaves, meluncurkan ulang versi orisinal lagu 'Bayang' dengan judul 'You Got Me' yang liriknya berbahasa Inggris.

Heboh, Koki Ini Memasak Pizza dengan 'Oven' Gunung Berapi Aktif
Fun
Heboh, Koki Ini Memasak Pizza dengan 'Oven' Gunung Berapi Aktif

Koki amatir di Guatemala mengubah gunung berapi Pacaya menyajikan pizza panggang vulkanik untuk para turis

(HOAKS atau FAKTA) : Air Garam Sumber Energi Listrik
Fun
(HOAKS atau FAKTA) : Air Garam Sumber Energi Listrik

Benarkah air garam dapat menjadisumber listrik?

Nam Joo-Hyuk dan Kim Tae Ri akan Kembali Adu Akting di Drama Terbaru
ShowBiz
Nam Joo-Hyuk dan Kim Tae Ri akan Kembali Adu Akting di Drama Terbaru

Nam Joo Hyuk dan Kim Tae Ri akan membintangi drama baru bersama.

Berbagai Pilihan Pemanis Sehat dan Rendah Kalori
Hiburan & Gaya Hidup
Berbagai Pilihan Pemanis Sehat dan Rendah Kalori

Sangat cocok untuk mereka yang sedang melakukan diet sehat.

Pasca 2 Dekade, 'Spirited Away' Masih Jadi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa
ShowBiz