Menikmati Kopi dengan Nuansa Greeny di Sositi Coffee & Bar Audi Arman, salah satu barista di Sositi Coffee & Bar. (Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Kopi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan untuk masyarakat perkotaan yang supersibuk. Tak lengkap bagi para pecinta kopi untuk memulai aktivitas tanpa ritual minum kopi. Jika tubuh merasa butuh tambahan energi dan semangat, solusinya: kopi.

Karenanya, tak heran jika kini banyak bermunculan coffee shop. Tak cuma berlomba menyuguhkan kopi terbaik hasil karya barista, coffee shop juga membuat tempatnya senyaman mungkin. Sekeren mungkin. Seunik mungkin. Yang membuat para pecinta kopi kerasan di sana.

Nah, salah satu coffee shop baru yang patut kamu coba adalah Sositi Coffee & Bar. Terletak di kawasan BSD. Tepatnya di Jalan BSD Raya Utama, Foresta Business Loft Signature unit 6, BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Sositi
Sositi Coffee & Bar di kawasan BSD. (Pras/Side.id)

MerahPutih Media Group (MP Media Group) pun berkesempatan berkunjung dan menjalal beberapa menu andalan Sositi. Tempatnya keren. Nyaman dengan tema greeny.

Bagaimana dengan sajian kopinya?

Kualitas kopi Sositi jangan diragukan. Barista di Sositi merupakan barista yang sudah berpengalaman di industri kopi. “Konsep kita adalah menyediakan kopi berkualitas. Tapi dengan harga yang masih oke. Jadi siapapun bisa menikmatinya,” kata Head Barista Sositi Sylvia Feransia, Kamis (11/10).

Mesin kopi
Mesin kopi espreso di Sositi Coffee & Bar. (Pras/Side.id)

Salah satu owner Sositi, Andrew Marcello menambahkan, pecinta kopi dapat mencoba beberapa menu andalan Sositi. Misalnya The Milk dan Water of Coffee.

Di Sositi, The Milk (milk-coffee based) disajikan secara unik. Sebab susu yang digunakan merupakan hasil modifikasi dan racikan khusus.

Nah, jika kamu memesan menu Water of Coffee, kamu akan mendapatkan dua gelas kopi. Keduanya menggunakan biji kopi yang sama tapi dengan air berbeda.

Sositi
Filter Coffee di Sositi Coffee & Bar. (Pray/Side.id)

“Menu (Water of Coffee) ini sekaligus mengedukasi pengunjung bahwa air juga mempengaruhi rasa kopi dan tentunya memberikan pengalaman minum kopi yang tidak biasa,” kata Andrew.

Pelayanan barista di sana sangat menyenangkan. Ramah. Para pengunjung dan pecinta kopi juga bisa langsung berinteraksi dengan barista berpengalaman itu.

Sositi
Barista Sositi Coffee & Bar saat berinteraksi dengan pengunjung

Mereka sangat membuka diri bagi siapapun yang ingin bertanya soal kopi dan apapun seputar ritual pembuatannya. Pengunjung bisa ngobrol, sharing atau berbagai ilmu dengan para baristanya. Asyik kan!

Untuk urusan sajian makanan, Sositi punya menu andalan: Uda Ajo Fried Rice. “Jadi sebenarnya nasi goreng yang simple dengan bumbu padang,” kata Sylvia.

Uda Ajo
Uda Ajo Fried Rice di Sositi Coffee & Bar. (Rizki Fitrianto/MP)

Tim MP Media Group pun mencobanya. Berbeda dengan nasi goreng umumnya, Uda Ajo Fried Rice serupa dengan Butter Rice. Lengkap dengan isian berupa kacang polong, wortel dan fillet ayam yang melimpah.

Uda Ajo Fried Rice disajikan dengan bumbu padang pada bagian tengah beralaskan rumput laut. Tidak kebanyakan. Tapi tak terlalu sedikit.

Jadi, ketika bumbu padangnya dicampur, Uda Ajo Fried Rice tak terlalu basah. Rasanya pas. Nikmat sekali!

Selain tim MP Media Group juga mencoba menu andalan lainya: Hamburg Beef Rice.

Hamburg
Hamburg Beef Rice di Sositi Coffee & Bar. (Pray/Side.id)

Seperti Uda Ajo Fried Rice, dasar menu ini adalah Butter Rice. Disajikan dengan Beef Patty empuk dan disiram dengan mushroom sauce yang menggugah selera makan. Menu ini merupakan salah satu yang Sahabat MP layak coba.

Menu ketiga yang dicoba adalah Southern Chicken. Sama dengan menu sebelumnya, Butter Rice menjadi dasarnya. Dalam menu ini, fillet ayam yang sudah digoreng hingga renyah menjadi pelengkapnya. Plus lumuran signature brown sauce yang jadi bumbu andalan Sositi.

Ayam Sositi
Southern Chicken di Sositi Coffee & Bar. (Pras/Side.id)

Lagi-lagi paduan bumbu, tekstur ayam dan gurihnya butter rice seakan berkolaborasi serasi di dalam mulut. Menu ini nikmat dan sayang untuk dilewatkan.

“Yang jadi keunikan kami adalah nasinya menggunakan butter rice,” kata owner Sositi, Reyner Oswald. Kata Reyner, Sositi mencoba memberikan masakan terbaiknya untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung.

Menu minuman dingin Sositi juga beragam. Ada Iced Lychee Lime Tea, Iced Sunset Tea, Iced Lemongrass Ginger Tea dan masih banyak lagi. Pas banget bagi kamu yang ingin merasakan kesegaran dengan rasa khas Sositi.

Sositi
Muniamo di Sositi Coffee & Bar. (Rizki Fitrianto)

Lantas bagaimana dengan ambiance saat berada di Sositi? Jawabannya: Nyaman. Hijau. Segar.

“Konsep atau tema dari Sositi memang greeny,” kata Yanly Angela yang juga salah satu owner Sositi. “Di Tangerang khususnya BSD masih jarang atau belum ada kafe yang mengusung tema greeny,” kata Angela.

Sositi
Suasana greeny di Sositi Coffee & Bar. (Pras/Side.id)

Nah, para pemilik memang menginginkan Sosisi menjadi tempat ngopi yang berbeda dengan lainnya. Begitu masuk Sositi, mata pengunjung memang langsung disuguhi warna dominan hijau. Dari warna tembok dan tanaman-tanaman yang ditata apik di dalamnya.

Ornamen interior kayu semakin memperkuat suasana greeny di dalam Sositi. Adem. Bener!

Sositi 7
Suasana greeny di Sositi Coffee & Bar. (Pras/Side.id)

Bagi yang ingin buru-buru ke sana, sabar dulu. Sositi baru dibuka untuk umum pada 15 Oktober 2018 mendatang. Mulai pukul 08.00-21.00.

Nah, mungkin kamu ada yang penasaran apa sih arti dari nama Sositi? Sositi diambil dari bahasa Ethiopia yang berarti tiga. Sesuai dengan owner Sositi yang jumlahnya tiga.

Tapi, berapapun jumlah owner-nya, yang paling penting adalah kamu harus datang dan merasakan sekeren apa sih ngopi cantik di Sositi! (*/kuh)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH