Wisata Dunia
Menikmati Keindahan Pelangi Setiap Hari Pelangi muncul setiap hari di Hawaii. (Foto:Steven Businger)

PELANGI lazimnya bukan sebuah fenomena alam yang bisa dilihat setiap hari dan setiap saat. Warna-warni indah di langit ini umumnya hanya muncul setelah hari hujan. Sepktrum warna-warni setengah lingkaran di atas langit ini sungguh merupakan suatu pemandangan yang menakjubkan. Keindahannya bisa menghipnosis. Meskipun sudah melihatnya berkali-kali, fenomena ini memang selalu jadi sesuatu yang ajaib untuk disaksikan.

Keajaiban pelangi menjadi makin ajaib Hawaii. Di pulau yang masuk bagian Benua Amerika itu, keindahan pelangi bisa dinikmati setiap hari.

BACA JUGA:

‘Staycation’ Jadi Pilihan Keluarga Selama Long Weekend

Profesor Sekolah Sains dan Teknologi Laut dan Bumi Universitas Hawaii Steven Businger menerbitkan makalah baru di jurnal Bulletin of the American Meteorogical Society. Seperti dilansir Travel and Leisure, makalah itu menguraikan sejumlah bukti mengapa Hawaii harus dinamai ibu kota pelangi dunia. Bukan tanpa alasan, Businger sudah menyaksikan sendiri keindahan pita warna cahaya yang ada hampir setiap hari.

"Pelangi adalah beberapa fenomena optik paling spektakuler di alam dan Hawaii diberkati dengan kelimpahannya yang luar biasa," ujar Businger dalam makalahnya. Di negara bagian itu, pelangi sudah jadi sesuatu yang biasa, tapi tetap saja memukau. Tidak mengherankan jika pelangi muncul dalam banyak nyanyian dan legenda, ada di pelat nomor, menjadi nama di tim olahraga, serta bisnis lokal.

pelangi
Pelangi sudah jadi sesuatu yang biasa terjadi di Hawaii. (Foto Pexels/Ben Mack)

Lantas, mengapa Hawaii dianugerahi dengan begitu banyak pelangi? Menurut Businger, salah satu penyebabnya ialah karena bentuk tempatnya yang terdiri dari pulau-pulau. Hal itu menjadi perpaduan sempurna yang diperlukan untuk menciptakan pelangi dari hari ke hari. Selain itu, dalam penjelasannya kepada Science Friday, kombinasi unik angin pasat Hawaii, awan kumulus, medan pegunungan, dan udara bersih turut menciptakan iklim sempurna untuk pembuatan pelangi.

"Dengan pengecualian kabut vulkanis, kami memiliki suasana yang sangat bersih di sini karena jauh dari sumber polusi," tutur Businger. Hal tersebut menghasilkan sinar matahari yang sangat kuat yang menghasilkan pelangi dengan warna cemerlang dan tak pudar.

pelangi
Warga lokal memiliki kepercayaan dan mitologi mengenai pelangi. (Foto Steven Businger)

Tak hanya itu, kepercayaan dan mitologi warga lokal mengenai pelangi juga membuat Hawaii cocok dinobatkan sebagai ibu kota pelangi. Pentingnya pelangi dapat terlihat dari penggunaan bahasa Hawaii. Banyak katanya yang mendeskripsikan manifestasi pelangi. "Ada kata-kata untuk pelangi yang menempel di Bumi (uakoko), pelangi berdiri (kahili), pelangi yang hampir tidak terlihat (punakea), dan busur bulan (a nuenue kau po)," jelasnya. Selain itu, sama seperti yang ada dalam banyak budaya di seluruh dunia, masyarakat Hawaii percaya pelangi merupakan simbol tranformasi dan jalur antara bumi dan surga.

Tidak hanya melakukan penelitian, Businger dan rekannya mengembangkan aplikasi bernama RainbowChase. Tujuannya ialah membantu warga lokal dan pelancong yang datang untuk menemukan pelangi sebanyak mungkin. Aplikasi itu akan memberikan informasi cuaca terbaru untuk menemukan potensi kondisi pelangi di sekitar. Businger juga berencana memperluas cakupan aplikasinya di seluruh dunia beberapa bulan mendatang. Jadi meskipun tak bisa mampir ke Hawaii untuk melihat pelangi setiap hari, setidaknya kamu bisa mengetahui kapan pelangi terdekat akan datang.(sam)

BACA JUGA:

Pameran ‘Revive’ M Bloc Space Kembali Hidupkan Seni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Melihat Kembali Gaun Pernikahan Edgy Ala Gwen Stefani
Fashion
Melihat Kembali Gaun Pernikahan Edgy Ala Gwen Stefani

Gaun pernikahan nyentrik Gwen Stefani dipadukan dengan Sepatu koboi.

Seandainya Lionel Messi Karyawan Hari Terakhir Negeri Aing
Fun
Seandainya Lionel Messi Karyawan Hari Terakhir Negeri Aing

Kini, pemain berjuluk 'Si Kutu' (La Pulga) berstatus bebas transfer.

Gaya Hidup 'Hijau' Perlu Diterapkan Sejak Dini
Fun
Gaya Hidup 'Hijau' Perlu Diterapkan Sejak Dini

Gaya hidup hijau akan menjaga kelestarian lingkungan.

Sepenggal Cerita Perjalanan Sheryl Sheinafia di Video Musik 'deja vu'
ShowBiz
Sepenggal Cerita Perjalanan Sheryl Sheinafia di Video Musik 'deja vu'

Video musik ini menceritakan tentang sepasang kekasih dengan hubungan yang intim.

YouTube Uji Coba Fitur Belanja via Video
Fun
YouTube Uji Coba Fitur Belanja via Video

Fitur ini sedang diuji oleh YouTube, melibatkan sejumlah kecil pengguna Android, iOS, dan web di Amerika Serikat.

Ed Sheeran Umumkan Dirinya Positif COVID-19
ShowBiz
Ed Sheeran Umumkan Dirinya Positif COVID-19

Kabar ini diumumkan selang beberapa hari jelang peluncuran album keempatnya yang bertajuk '=' (Equals).

Mengirit Uang dari Pemborosan Makanan
Fun
Mengirit Uang dari Pemborosan Makanan

Membeli makanan terkadang malah memboroskan uang.

Jangan Sampai Terjebak di Hubungan Abusive
Fun
Jangan Sampai Terjebak di Hubungan Abusive

Hubungan abusive adalah hubungan yang tidak sehat.

Hewan Maggot Diharapkan Bisa Ikut Membantu Penanganan Sampah di Jawa Barat
Fun
Hewan Maggot Diharapkan Bisa Ikut Membantu Penanganan Sampah di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat meluncurkan Rumah Edukasi Maggot sebagai bentuk kolaborasi pentaheliks dalam pengelolaan sampah organik.

Jangan Diskriminasi Murid yang Belajar dari Rumah Selama PTM
Fun
Jangan Diskriminasi Murid yang Belajar dari Rumah Selama PTM

Sri Wahyuningsih selaku Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan, bahwa tidak boleh ada diskriminasi untuk murid yang tetap belajar dari rumah, selama pembelajaran tatap muka terbatas