Menikmati Keindahan Alam Boyolali di Bukit Gancik Pemandangan di sana sangat indah (Sumber: Instagram/hedy_s13)

DENGAN struktur geografis yang dikelilingi pegunungan tentunya tak heran kalau kabupaten Boyolali memiliki destinasi alam hijau yang amat mempesona. Selain Oemah Bamboo, ada satu lagi tempat populer di kawula muda Boyolali. Yups, itu adalah Bukit Gancik atau Gancik Hill Top.

Berada di Gancik, Dusun Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali, Bukit Garcik menawarkan pesona pemandangan alam dari atas ketinggian 1800 mdpl. Hal ini tentunya sulit didapatkan di kota, terutama Jakarta. Pemandangan yang asri juga membuat siapa saja betah berada di sana.

1. Spot instagramable

Lokasinya 30 menit dari Desa Selo (Sumber: Instagram/nengsuciayu)
Lokasinya 30 menit dari Desa Selo (Sumber: Instagram/nengsuciayu)

Pemandangan dari Bukit Garcik memang sangat instagramable, tak heran kalau rata-rata yang datang ke tempat ini adalah anak-anak muda. Apalagi ada gardu pandang yang terbuat dari bambu. Gardu ini memiliki jembatan bertuliskan Gancik Hill Top.

Disarankan untuk datang pagi atau sore hari. Karena pemandangan di sana menjadi elok karena sorotan mataharinya. Tapi kalau mau menginap dan menyaksikan sunset atau sunrise kamu bisa membuat tenda di sana. Tapi ingat jangan membuang sampah sembarangan agar tempat tersebut tetap indah.

2. Lokasi mudah diakses

Pemandangan dis ana sangat indah (Sumber: Instagram/hedy_s13)
Pemandangan di sana sangat indah (Sumber: Instagram/hedy_s13)

Pemandangan yang indah dari Bukit Gancik bisa kamu nikmati dengan menempuh perjalanan selama 30 menit berjalan kaki dari Desa Selo, sementara jika menggunakan sepeda motor waktunya menjadi lebih singkat. Tapi sebelum itu kamu harus mengikuti rute jalur SSB (Solo-Selo-Borobudur).

Sesampainya di Desa Selo disarankan untuk berjalan kaki. Karena amat sangat disayangkan pemandangan indah disepanjang jalan tidak kamu nikmati. Di kiri kanan kamu bisa melihat perkebunan sayur milik warga setempat.

3. Sering dilalui pendaki

Kamu bisa membangun tenda di sana (Sumber: Instagram/aningputri88)
Kamu bisa membangun tenda di sana (Sumber: Instagram/aningputri88)

Saat kamu berkunjung ke Bukit Gancik jangan heran kalau melihat beberapa orang memakai tas ransel carier. Karena Garcik memang dijadikan jalur pendakian baru ke Gunung Merbabu. Jika pendakian melewati jalur ini maka akan sampai ke pos tiga. Apalagi jalur Garcik kabarnya lebih dekat ke pos tiga dibandingkan dengan jalur Selo Lama.

Oh iya, fasilitas yang disediakan di Bukit Gancik cukup lengkap seperti tempat spot foto, area parkir, toilet umum, ojek, warung makan hingga camping ground. Tapi di sekitar tempat ini belum ada penginapan sehingga kamu harus mencarinya agak jauh.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH