Teknologi

Menikmati Inovasi Teknologi Terbaru Selama PSBB

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 28 September 2020
Menikmati Inovasi Teknologi Terbaru Selama PSBB
Teknologi terbaru hadir agar masyarakat nyaman selama PSBB di rumah (Foto: Pexels/fauxels)

INOVASI teknologi turut hadir di tengah pandemi. UMG Idealab, bengkel teknologi 4.0 besutan Kiwi Aliwarga terus berinovasi. Inovasi tersebut berupa teknologi terbaru agar masyarakat betah beraktivitas di rumah selama PSBB.

Lewat dua startupnya, Widya Wicara dan Svara, fitur yang ditonjolkan mulai dari hiburan hingga religi. Saat ini, Widya Wicara memudahkan pengguna dengan kemudahan mengakses gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Baca juga:

AICI Artificial Intellegence Buatan Indonesia

Melalui keunggulan smart speaker berbahasa Indonesia berbasis Artificial Intelligence (AI) dan dan Neutral Language Processing (NLP), Widya Wicara dapat diaktifkan dan mengakomodasi keperluan barang yang ingin dibeli pengguna.

Jika pengguna membutuhkan sabun, cukup dengan memberikan komando suara, “Hai Widya, belikan saya sabun mandi,” disertai spesifik merek sabun. Maka, gerai supermarket terdekat akan merespon dan mengantar keperluan belanja ke lokasi pengguna.

Inovasi teknologi memudahkan belanja di supermarket (Foto: Pexels/Mehrad Vosoughi)

Tidak hanya itu, Widya Wicara juga menyediakan konten religi bagi umat Islam. Konten tersebut ialah informasi penanggalan Hijriah, pengingat puasa, imsak dan berbuka, rangkaian kisah nabi, hingga membaca Alquran dan terjemahan.

"Keunggulan Widya Wicara adalah konten dan lokalisasi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar Benjamin Arianto Abimanyu, CEO Widya Wicara.

Baca juga:

Kini Hadir Inovasi Teknologi untuk Petambak Ikan

Sementara itu, fitur di Svara, platform broadcaster, media, dan komunitas juga tidak kalah menariknya. Svara bekerja sama dengan lebih dari 100 radio di Indonesia dalam menyajikan digital radio streaming.

Radio dengan fitur broadcast (Foto: Istimewa)

Selain memiliki layanan streaming, Svara juga menyediakan fitur broadcast. Fitur ini telah dimanfaatkan oleh beberapa kampus dan sekolah di Bandung sebagai media broadcast materi pelajaran dari guru atau dosen ke siswa. "Kami juga menjangkau desa-desa, karang taruna, dan pos warga," papar CEO Svara Farid Fadhil Habibi.

Selain smart speaker, Svara juga bisa diintegrasikan di smart TV dan connected car, sehingga pengguna punya banyak pilihan menikmati ragam konten yang disediakan.

Ke depannya, UMG Idealab akan terus berinovasi mendukung pemerintah agar pandemi lekas berakhir. “Penting bagi semua pihak untuk berkontribusi. Kami berkontribusi melalui berbagai teknologi agar masyarakat semakin nyaman selama di rumah saja," jelas Kiwi Aliwarga, Founder UMG Idealab. (ikh)

Baca juga:

Sejumlah Perusahaan Startup Lawan Virus Corona

#Teknologi #Virus Corona #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan