Menikmati Indahnya Musim Sakura di Bogor Bunga sakura. (Foto: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

NUANSA pink mendominasi Taman Sakura. Sesuai nama tamannya, nuansa pink berasal dari bunga sakura yang mekar. Sama seperti di negara asalnya, bunga sakura yang bermekaran di area Kebun Raya Cibodas, Bogor, Jawa Barat itu juga hanya berkembang pada bulan-bulan tertentu.

Jika di Jepang sakura mekar pada akhir Maret hingga awal Mei, di Taman Sakura bunga ini berkembang di bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Dan sekarang merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan bunga sakura berwarna pink muda dan tua di Bogor.

Salah satu ciri khas bunga sakura ialah waktu mekarnya hanya dua minggu. Di Kebun Raya Cibodas, sakura tak hanya dapat Anda jumpai di Taman Sakura.

“Bunga Sakura yang bermekaran bukan di Taman Sakura saja, melainkan pohon koleksi Sakura yang ada di sekitar atau dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, di antaranya di sekitar Rumah Kaca, samping Guest House Sakura, Ecalyptus, sekitar kolam besar, dan di belakang kafe kolam besar,” ungkap Kepala BKT Kebun Raya Cibodas LIPI Agus Suhatman.

Sekarang tak sedikit turis yang datang ke Kebun Raya Cibodas untuk melihat keindahan bunga sakura serta mengabadikannya. Ini merupakan kesempatan langka, menikmati bunga sakura mekar. Bila belum pernah melihat sakura, Anda pun dapat berkunjung ke sana. (*)

Selain di Bogor, taman sakura juga ada di Cianjur. Simak informasinya pada artikel Tak Perlu Ke Jepang, Di Cianjur Ada Kebun Bunga Sakura.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH