Relationship
Menikahi Diri Sendiri, Cara Survive dari Gombalan Pria Perempuan yang merasa muak dengan pria memutuskan untuk survive dengan dirinya sendiri. (Foto:Unsplash@Thomas Christian)

BERKALI-kali dikhianati membuat Ayoul Manyok sangat muak dengan kaum adam. Sebagai solusi, ia memutuskan untuk survive dengan cara yang sangat unik, yaitu menikahi dirinya sendiri. Model asal Sudan Selatan itu menggambarkan dirinya sebagai seorang advokat feminis yang tetap bisa menyintas meski tanpa pria di sampingnya sekalipun.

Seperti dilansir laman Medium, Manyok membagikan foto pernikahannya yang berlangsung pada 1 Desember melalui akun Twitter miliknya. "Karena muak dengan pria, jadi saya membuat sumpah saya sendiri dengan kerudung," cuitnya.

BACA JUGA:

Kaum Rebahan Ayo 'Survive' Skripsi di Masa Pandemi

Dengan gaun putih dan kalung berwarna senada, Manyok terlihat memegang buket bunga dan berdiri di sebuah gereja di Australia. Di belakangnya disediakan meja panjang dan deretan kursi yang sudah siap menjadi tempat perjamuan pesta. Menurut sebuah sumber yang dekat dengan model itu, keputusan anti-mainstream itu dibuat setelah Manyok merasa jera dengan pria yang sudah berbohong dan menghancurkan hatinya.

Dalam cicitan lainnya, Manyok menyindir pria Sudan Selatan dengan mengatakan mereka lemah. Perempuan asuhan Chadwick Models ini juga menyatakan ia menolak menjadi objek permainan mereka. "Saya akan selalu mengambil kesempatan untuk mengecewakan pria Sudan Selatan yang rapuh karena saya tidak hadir untuk kesenangan mereka," tulisnya.

Meskipun terkesan ekstrem, keputusan yang diambil Manyok merupakan sebuah langkah berani. Baginya, meski tanpa pria sekalipun, dia juga tetap bisa bertahan dengan dirinya sendiri. Dengan begitu, pakem lama mengenai perempuan tidak independen langsung dipatahkan olehnya.

ayoul manyok
Ayoul Manyok sudah jera dengan pria yang membohongi dan menghancurkan hatinya makanya dia memilih hidup sendiri. (Foto Twitter@AyoulManyok)

Langkah berani Manyok ini bukan yang pertama kalinya terjadi.

Pada 2017, Laura Mesi dari Italia menikahi dirinya sendiri dalam seremoni besar layaknya pernikahan biasa. Lengkap dengan gaun putih manik-manik, kue tiga lapis, pendamping mempelai, dan 70 tamu.

Ide menikahi diri sendiri ini datang dua tahun sebelumnya ketika hubungannya dengan pria yang sudah dikencaninya selama 12 tahun berakhir. BBC menulis Mesi menyebutkan kebahagiaanya tidak hanya bergantung pada seorang pria. "Saya sangat percaya bahwa kita harus terlebih dahulu mencintai diri kita sendiri," tutur pelatih kebugaran itu. "Kamu bisa memiliki dongeng bahkan tanpa seorang pangeran," lanjutnya.

laura messi
Laura Mesi merasa bisa mendapatkan dongeng bahagianya meski tanpa pangeran sekalipun. (Foto Micaela Martini )

Ternyata laporan mengenai menikahi diri sendiri sudah ada sejak 1993. Tren ini telah melahirkan sejumlah buku dan menjadi tema episode serial populer seperti Sex and the City dan Glee. Bahkan pada 2014, sebuah agen perjalanan di Jepang mulai menawarkan upcara pengantin untuk perempuan lajang.

Di Amerika Serikat, situs web bernama I Married Me menawarkan perlengkapan untuk pernikahan solo. Di Kanada juga ada sebuah agensi bernama Marry Yourself Vancouver yang mendorong orang untuk merayakan kejomloan. "Lajang merupakan normal baru. Rayakan status lajang kamu," kata mereka.

Namun, tidak semua sependapat dengan fenomena tersebut. Mereka menyebutkan bahwa keputusan menikahi sendiri merupakan contoh sikap narsistik. Lainnya mengkritik dengan mengatakan ini merupakan penyerahan sia-sia ke institusi patriarki. Apa pun itu, tren bisa jadi sebuah tindakan impulsif eksesif hasil dari pengalaman pahit cinta atau langkah survive berani untuk keluar dari kebiasaan.(Sam)

BACA JUGA:

Punya Karakter Kompleks, Zodiak ini Malah Sulit Bergaul

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Pandemi Bikin Ubanan?
Fun
Pandemi Bikin Ubanan?

Beberapa orang mengalami ubanan selama pandemi.

3 Pertimbangan sebelum Beli Jam Tangan
Fashion
3 Pertimbangan sebelum Beli Jam Tangan

Pemilihan jam tangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Meghan Markle Jadi Anggota Kerajaan Pertama yang Ikut Pilpres AS
ShowBiz
Meghan Markle Jadi Anggota Kerajaan Pertama yang Ikut Pilpres AS

Meghan Markle menjadi orang pertama dari keluarga modern Kerajaan Inggris yang ikut pilpres AS.

Memikul Nasib Seberat Roti, Ketangguhan Melawan Zaman
Fun
Memikul Nasib Seberat Roti, Ketangguhan Melawan Zaman

Waktu tak bisa menggerus keberadaan para penjual roti pikul ini.

'Give Me Back My Broken Heart', Lagu Baru Marcell Lintas Negara
ShowBiz
'Give Me Back My Broken Heart', Lagu Baru Marcell Lintas Negara

Kolaborasi Marcell dengan musisi Urugay menghasilkan karya ciamik.

Menjaga Keutuhan Hubungan dengan Orang Dependent di Masa Pandemi, Bisa?
Fun
Menjaga Keutuhan Hubungan dengan Orang Dependent di Masa Pandemi, Bisa?

Semenjak pandemi banyak pasangan terpaksa harus menjalani LDR (lockdown relationship).

Snoop Dogg Kembali dengan Album Baru di Desember 2020
ShowBiz
Snoop Dogg Kembali dengan Album Baru di Desember 2020

Album baru Snoop Dogg akan bertajuk 'Take It From A G'.

Kembangkan Literasi pada Anak sejak usia Dini
Fun
Kembangkan Literasi pada Anak sejak usia Dini

pra literasi yang dapat berfungsi untuk membentuk fondasi kemampuan literasi anak.

Dirilis Tiga Samsung Seri A
Fun
Dirilis Tiga Samsung Seri A

Samsung Electronics Indonesia telah secara resmi meluncurkan tiga ponsel seri A barunya, yakni Galaxy A32, Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Liburan di Rumah Aja, Ajak si Kecil Belajar Bahasa Mandarin
Fun
Liburan di Rumah Aja, Ajak si Kecil Belajar Bahasa Mandarin

Tentunya dengan pendekatan menyenangkan.