Headline

Menhut era SBY: Wajah Gedung MPR/DPR Menyeramkan Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 17 Oktober 2019
Menhut era SBY: Wajah Gedung MPR/DPR Menyeramkan Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Sejumlah prajurit TNI berbaris di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/10) untuk persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung pada Minggu (20/10). ANTARA FOTO/Aditya Putra

MerahPutih.com - Mantan Menteri Kehutanan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), MS Kaban menanggapi soal pengamanan ketat gedung MPR/DPR menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma"ruf Amin pada 20 Oktober mendatang.

Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB)menilai pengerahan perangkat tempur yang dimiliki polisi dan TNI di gedung parlemen tersebut terkesan sangat menyeramkan.

Baca Juga

Hotel Pilihan Tempat Tamu Negara Pelantikan Jokowi Menginap

"Wajah gedung MPR RI, DPR RI dan DPD RI menjelang pelantikan Presiden tampak menyeramkan dg seperangkat peralatan tempur pak POLIS seperti pameran kekuatan," ujar Kaban melalui akun twitter miliknya, @hmskaban, (16/10)

Kaban mengatakan banyaknya peralatan perang yang dipajang di gedung wakil rakyat tersebut dianggap berlebihan. Pasalnya, kondisi dan situasi keamanan nasional dalam keadaan kondusif.

"Kesannya berlebihan. Apa kata dunia, itu bahasa Jend Nagabonar," kata senior HMI itu.

Baca Juga

Jelang Pelantikan Jokowi, Panglima Imbau Keluarga TNI Jangan Terprovokasi

Seperti diketahui, polisi dan TNI mengerahkan 30 ribu aparat gabungan untuk mengamankan prosesi pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Selain itu, pengerahan pasukan juga untuk menjaga objek-objek vital di ibu kota.

Sementara, untuk pengamanan di lokasi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR RI akan dibagi kedalam tiga ring. Ring pertama di bawah tanggungjawab Paspampres, ring 2 TNI, dan ring 3 gabungan TNI-Polri dan unsur lainnya.

Apel gelar pasukan persiapan pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Jakarta, Kamis, (17/10) (Antara/Boyke Ledy Watra)

Lebih jauh, objek yang akan diamankan adalah Presiden, Wakil Presiden, hingga tamu dari luar negeri. Nantinya, dari kedatangan hingga menuju lokasi pelantikan akan dilakukan pengawalan.

Baca Juga

Titik-Titik Pengamanan Ekstra Ketat di Jakarta Saat Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Sedangkan objek yang akan diamankan diantaranya adalah personil, presiden, wakil presiden dan keluarganya, tamu-tamu dari luar negeri, kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus. Mulai dari saat kedatangan, diperjalanan sampai dengan tempat hotel maupun wisma. (*)

#MPR RI #DPR #MS Kaban #Partai Bulan Bintang
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan