Mudik 2018

Menhub: Tiket Lebaran Pesawat Jakarta-Surabaya Rp 4 Juta Hoaks

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Minggu, 03 Juni 2018
Menhub: Tiket Lebaran Pesawat Jakarta-Surabaya Rp 4 Juta Hoaks
Suasana di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Foto: ANTARA/Lucky R

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kabar tarif penerbangan Jakarta-Surabaya menembus Rp4 juta pada arus mudik lebaran tahun 2018 ini adalah hoax (palsu).

“Berdasarkan ketentuan maksimal tarif maskapai (Jakarta-Surabaya) tersebut adalah Rp1,3 juta atau PP sebesar Rp2,6 juta. Saya telah mengatakan kepada operator maskapai penerbangan menetapkan tarif usahakan jangan sampai ke batas atas,” kata Menhub, usai meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (3/6).

Menhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ke-2 dari kiri). Foto: MP/Mauritz

Diakui Menhub jika jumlah pemudik yang akan menggunakan jasa angkutan udaran pada lebaran tahun ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen.

Menhub memprediksi, jumlah penumpang selama 2 minggu di Indonesia bagian barat, yaitu 7 Juni sampai 24 Juni 2018, akan mencapai 5,68 juta. “Itu diukur berdasarkan jumlah kursi yang ada, biasanya seat itu relatif terpenuhi semua,” ujar dia.

Terkait dengan pemberian ekstra flight di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan seluruh Indonesia, Menhub menugaskan Airnav untuk berkoordinasi dengan semua maskapai.

Menhub juga berpesan bahwa para operator maskapai penerbangan harus sesuai dengan slot time yang diajukan. Bila tidak dijalani harus disampaikan 24 jam sebelumnya.

Sejumlah pekerja saat mengerjakan finishing proyek pembangunan stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

“Apabila tidak dilakukan, kita wajibkan untuk menerbangkan dan jika tidak dilakukan maka akan diberikan sanksi tertentu,” tegas Menteri Budi, dilansir laman resmi Kemenhub.

Pada kesempatan itu, Menhub juga melakukan rampcheck pada salah satu pesawat. Menhub menuturkan bahwa sudah ada 400 pesawat yang telah dilakukan rampcheck.

“Rampcheck adalah suatu upaya yang kita lakukan dengan konsisten. Sudah ada 400 pesawat yang kita rampcheck dari 500 pesawat. Saya harapkan ini berjalan dengan baik. Saya minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk segera menyelesaikan 90 pesawat dalam 1-2 hari,” pungkas Menhub. (*)

#Tiket Pesawat #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan