Menhub Targetkan Pembangunan Jalur KA Bandara Solo November 2018

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 25 Agustus 2017
Menhub Targetkan Pembangunan Jalur KA Bandara Solo November 2018
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembebasan lahan hingga pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo akan selesai pada November 2018 mendatang.

"Proyek ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang setiap saat dipantau Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK. Sehingga harus selesai tepat waktu," kata Budi kepada wartawan di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (25/8).

Hal tersebut disampaikan Budi usai membahas transportasi dari dan menuju Bandara Adi Soemarmo dengan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Meski demikian, masalah mendesak yang saat ini dihadapi adalah klasik, yakni pembebasan lahan yang masih belum rampung juga. Namun, kata Budi, melalui Pemkot Surakarta yang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, yang intinya memberikan ganti rugi layak akan segera terselesaikan.

"Saya kepada masyarakat yang memperoleh ganti rugi jangan digunakan untuk kegiatan konsumtif, tapi digunakan untuk membeli rumah," kata dia.

Kepada Hadi, Budi juga meminta agar pelaksanaan tender pembangunan proyek tersebut segera bisa dilakukan agar pada saat pembebasan lahan, pembangunan proyek bisa dilakukan.

"Saya menilai pemerintah kota sudah bekerja dengan baik, dan saya tetap minta agar bisa lebih baik lagi, mengingat kita bekejaran waktu agar November 2018 bisa selesai," katanya.

Proyek tersebut diprediksi menghabiskan dana sekitar Rp 900 miliar. Proyek dikerjakan oleh konsorsium BUMN yang terdiri dari PT KAI, PT Angkasa Pura I, dan PT Pembangunan Perumahan.

Berdasarkan data Kemenhub, ada 7,5 hektare lahan warga yang harus dibebaskan. Lahan tersebut terdiri dari 472 bidang di Boyolali dan 98 bidang di Solo. (*)

Sumber: ANTARA

#Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi #PT KAI
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan