Menhub Klaim Pihaknya Lampaui Standar Keselamatan Penerbangan Dunia

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 10 November 2017
Menhub Klaim Pihaknya Lampaui Standar Keselamatan Penerbangan Dunia
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa pihaknya sudah melampaui standar keselamatan penerbangan dunia berdasarkan ICAO USOAP dari 50 menjadi 80.

"Alhamdulillah sekarang sudah finalisasi. Saya bersyukur, kita mencapai kualifikasi yang baik dan tinggi di atas rata-rata, yaitu meningkat 60 persen dari sekitar 50 menjadi sekitar 80," kata Budi saat ditemui di peringatan HUT ke-14 Sriwijaya Air Group di Tangerang, Jumat (10/11).

Budi mengimbau, dengan adanya pencapaian tersebut, seluruh pemangku kepentingan, baik itu operator maupun regulator bisa mempertahankannya.

"Yang berat adalah bagaimana kita mempertahankan kualifikasi itu. Dunia penerbangan adalah suatu yang sangat kompleks, apalagi Indonesia sangat luas lebih dari 500 bandara ratusan pesawat," katanya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus menyatakan optimisme akan melampaui standar keselamatan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO USOAP).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan proses audit di lapangan atau on site sudah dilakukan oleh auditor ICAO pada 18 Oktober 2017. "Saya optimistis mendapat nilai yang bagus," tegas Agus.

Agus menyebutkan, nilai standar dunia untuk kategori lolos, yaitu di rata-rata 60. Namun, ia mengaku optimistis bisa melampaui anglais tersebut.

"Pokoknya bagus, saya mengapresiasi teman-teman yang sudah bekerja sang dan malam untik mendapatkan ini, nanti hasilnya diumumkan bulan depan," katanya.

Dia mengaku optimisme tersebut karena sudah mengantongi Kategori 1 standar keselamatan penerbangan dari Otoritas Penerbangan Amerika Serikat, yaitu Federal Aviation Administration (FAA) kategori 1. "Kita sudah kategori 1 FAA, artinya sudah memenuhi global safety plan," katanya.

Selain itu, Agus mengatakan, dari hasil audit dari Tim ICAO, secara umum hasilnya baik. "Tidak banyak catatan yang disampaikan dari ICAO," katanya.

Sementara itu, Ditjen Perhubungan Udara sebelumnya sudah mengantongi nilai dari standar keamanan Penerbangan internationaal tau ICAO USAP, yaitu 94,5. (*)

#Menteri Perhubungan #Budi Karya Sumadi #Maskapai Penerbangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan