Menhub Klaim Pemudik Kereta Api Tahun 2019 Naik 4,3 Persen Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyalami para pemudik yang menggunakan kereta api (Foto: ANTARA/Budi Candra Setya)

MerahPutih.Com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim bahwa pada lebaran 2019 ini minat masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api meningkat. Diperkirakan jumlah penumpang kereta api lebaran tahun ini meningkat hingga 3,4 persen.

"Pada penyelenggaraan angkutan lebaran bidang kereta api 2019 ini diperkirakan jumlah penumpang 3,4 persen naik dibandingkan 2018 yaitu dari 6,2 juta menjadi 6,4 juta jumlah penumpang yang banyak sekali," kata Budi di Jakarta, Minggu (26/5).

Namun demikian, Budi mengungkapkan, fasilitas publik distasiun maupun dalam kereta api masih dinilai belum maksimal. Dengan begitu Budi meminta kepada PT. KAI dan Dirjen Perkeretaapian untuk memaksimalkan kinerjanya mengingat masa Lebaran sudah semakin dekat.

Menhub Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

"Berdasarkan hasil temuan pelaksanaan KA inspeksi dan ramcheck beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan laporan masih ada beberapa fasilitas baik sarana dan prasarana kereta api yang Perlu diperbaiki yang dipenuhi dengan kelengkapan persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku," jelas Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA: Perantau Minang Asal Padangpariaman Akan 'Pulang Basamo' Saat Lebaran 2019

Pengamat: Mudik Gratis Sepeda Motor Turunkan Angka Kecelakaan

Menteri yang akrab disapa BKS ini juga menginginkan adanya keamanan tambahan dari pihak TNI dan Polri dan beberapa pihak lain. Ia pun berpesan kepada seluruh petugas agar selalu solid untuk mewujudkan mudik yang baik, aman, lancar dan asik sesuai dengan moto Lebaran tahun 2019 ini.

"Saya berharap Sinergi yang terwujud antara dirjen kereta api, PT KAI, TNI-Polri, PMI, Dishub maupun stakeholder terkait dapat terus ditingkatkan sehingga menimbulkan efek yang positif bagi terwujudnya situasi kondusif penyelenggaraan angkutan lebaran di bidang perkeretaapian," tutupnya.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH