Menhub: Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya Akan Dibangun Awal 2018 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri). (ANTARA FOTO/Seno)

MerahPutih.com - Kementerian Perhubungan akan segera memulai proyek pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya pada awal 2018. Kereta ini ditargetkan beroperasi secara bertahap pada 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, kereta api cepat ini akan memangkas hampir 50 persen waktu perjalanan KA biasa. Kecepatan kereta dipatok mencapai 160 km per jam.

"Jadi, kalau biasanya Jakarta-Surabaya ditempuh 9 jam, dengan kereta ini ditempuh dalam waktu 5,5 jam saja," kata Budi usai menjadi keynote speaker di Seminar pembangunan jalur kereta api cepat Jakarta-Surabaya di ruang seminar Sekolah Pascasarjana UGM, Yogyakarta, Kamis (7/12).

Pembangunan jalur kereta api cepat tersebut diakui Menteri memerlukan biaya yang tidak sedikit. Diperkirakan mega proyek ini akan menelan dana hingga Rp 60 miliar.

Ada beberapa opsi soal teknologi, jenis kereta serta rute kereta yang sudah dikantongi oleh Kemenhub. Selain itu, pihaknya turut menggandeng Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk melakukan sejumlha studi.

Opsi yang muncul di antaranya membentuk jalur kereta baru yang lebih efisien dan cepat dibanding jalur yang sekarang jalur tersebut bisa dibangun berdampingan dengan jalan tol di utara Pulau Jawa.

Namun, ada pula opsi tetap menggunakan jalur yang sudah ada. Hanya menambahkan rel baru disamping double track yang sudah terbangun.

"Kalau saya pribadi pilih pakai jalur yang sudah ada dan tinggal menambahkan rel baru. Sebab lebih murah, tak perlu sulit pembebasan lahan dan jalur eksisting ini telah membentuk simpul-simpul ekonomi di masing-masing kota," katanya.

Kemenhub kini tengah mempertimbangkan hasil kajian dan feasibel studi dari para ahli dan perusahaan serta organisasi yang telah berpengalaman dalam pembangunan kereta cepat. (Teresa Ika)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH