Menhub dan PUPR Dijadwalkan Groundbreaking Proyek Rp 980 Miliar di Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 07 Januari 2022
Menhub dan PUPR Dijadwalkan Groundbreaking Proyek Rp 980 Miliar di Solo
Palang Joglo yang dijadikan lokasi proyek Elevated Rail dan Jalur Ganda di Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, memastikan groundbreaking proyek Elevated Rail dan Jalur Ganda di Solo akan dilaksanakan Sabtu (8/1).

Groundbreaking proyek senilai Rp 980 miliar tersebut rencananya akan dilakukan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca Juga

Groundbreaking 8 Januari, Mega Proyek Program Gibran Telan Rp 980 Miliar

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membenarkan jika groundbreaking proyek itu dilakukan dua menteri dan Gubernur Jawa Tengah. Ia mengatakan secara teknis proyek yang ditargerkan selesai tahun depan itu sudah siap.

"Teknis persiapan groundbreaking proyek Elevated Rail dan Jalur Ganda sudah selesai. Tinggal menunggu acara besok," kata dia

Ia mengatakan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah sudah mempersiapkan groundbreaking proyek Elevated Rail dan Jalur Ganda. Selama groundbreaking berlangsung ada penutupan jalan.

"Cuma saat groundbreaking saja jalan ditutup. Setelah itu dibuka lagi," kata dia.

Gibran mengatakan ada sedikit perubahan terkait proyek tersebut. Perubahan itu diterjadi karena ada perluasan lahah di kawaaan simpang tujuh Joglo.

"Mungkin ada sedikit tambahan untuk pengadaan tanah. Terutama yang underpass butuh tanah yang lebih lagi. Nanti-nanti kita bicarakan, sudah disiapkan juga ganti rugi dan sebagainya," papar dia.

Baca Juga

Desakan Pawai Juara Liga 2, Gibran Akhirnya Berikan Izin Suporter Lihat Piala

Gibran menambahkan mega proyek itu ditargetkan selesai 2023. Kalau pun molor selesainya pada 2024.

"Pekerjaan yang sangat kompleks sekali. Untuk warga sekitar yang terdampak mohon bersabar dahulu," tegas dia.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya mengatakan pembangunan Elevated Rail, Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro) bakal dimulai Sabtu besok. Pembangunan Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1 itu akan kita garap secara bertahap.

"Pembangunan elevated rail-nya hanya memiliki panjang maksimal sejauh 3 kilometer dari Stasiun Balapan-Stasiun Kadipiro. Startnya mulai naik setelah kawasan Gilingan kemudian turun sebelum Kadipiro," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Gibran Tanggapi Baliho Promosi Wisata di Jogja dan Ancaman Klitih

#Gibran Rakabuming #Pemkot Solo #Menteri PUPR Basuki Hadimuljono #Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan