Menhub dan DPR Pantau Kesiapan Angkutan Lebaran Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (kanan) meninjau pintu keluar jalan tol Brebes Timur (Brexit) di Brebes, Jawa Tengah, Minggu (21/5). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Ketua Komisi V DPR RI, Fery Djemi Francis dan sejumlah anggota Komisi V DPR RI melakukan pantauan kesiapan angkutan Lebaran di sejumlah tempat di Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata dalam keterangan persnya mengatakan bahwa Menhub meninjau beberapa lokasi, seperti Bandara Juanda, Terminal Purabaya, dan angkutan laut di Tanjung Perak.

"Turun dari pesawat, Menhub dan rombongan Komisi V DPR langsung melakukan pemantauan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya," kata Barata, Kamis (15/6).

Pemantauan selanjutnya, menurut Barata adalah Terminal Purabaya, Bungurasih, dan kemudian lanjut ke Tanjung Perak.

"Tujuan akhir peninjauan adalah Pelabuhan Tanjung Perak, karena Menhub harus kembali ke Jakarta untuk menjadi inspektur upacara pada apel kesiapan angkutan Lebaran 2017, membuka posko nasional, dan merilis aplikasi 'Ayo Mudik' bersama Menkominfo," katanya.

Sebelumnya, Humas Pelabuhan Tanjung Perak, Fernadez A Ginting mengatakan bahwa kunjungan Menhub tersebut dijadwalkan memantau sejumlah lokasi atau titik berkumpulnya penumpang mudik kapal laut Tanjung Perak.

"Nanti kami sampaikan ke Menhub terkait kesiapan di lokasi atau titik penumpang mudik kapal laut Tanjung Perak, dan ada tiga lokasi steril berkapasitas 580 penumpang, tujuannya memberi kenyamanan pemudik angkutan laut," katanya.

Ginting mengaku, fasilitas Tanjung Perak sudah siap menyambut arus mudik Lebaran 2017, termasuk pengaturan arus penumpang ke luar dan masuk pelabuhan.

Sumber: ANTARA



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH